Rocky Gerung Angkat Bicara Mengenai Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Indonesia 2021, Sindir Pemerintah

- 6 Juni 2021, 06:30 WIB
Rocky Gerung
Rocky Gerung /@rockygerungofficial/Instagram

KABAR BESUKI - Rocky Gerung angkat bicara mengenai isu pembatalan keberangkataan jamaah haji Indonesia pada tahun 2021.

Dalam sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube pribadinya, Rocky Gerung mempertanyakan mengenai pernyataan Sufmi Dasco yang menjadi pertanyaan publik terkait kuota haji Indonesia untuk tahun ini.

"Dan dua tiga orang hari ini orang mempersoalkan apakah pernyataan Dasco tentang kuota haji kita original atau artificial?," kata Rocky Gerung sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Sabtu, 5 Juni 2021.

Baca Juga: Duta Besar Arab Saudi Surati Ketua DPR Puan Maharani Terkait Indonesia Tidak Punya Kuota Ibadah Haji

Rocky Gerung kemudian bertanya-tanya mengenai ketidakpercayaan publik terhadap Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia untuk kuota tahun 2021.

Publik seolah-olah berasumsi bahwa DPR terkesan menyalahkan Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk Indonesia karena pernyataan DPR yang menyebutkan bahwa hal tersebut terjadi hanya karena kesalahan informasi semata.

"Betul kita sebagai pengamat tentu hanya bisa mempersoalkan kebijakannya. Hak religius itu urusan lain, dong. Namun, yang lebih penting adalah mengulas mengapa publik tidak percaya atau berbeda pandangan dengan DPR? Kan DPR mengatakan ini salah informasi aja, jadi nyalahin Dubes gitu," ujarnya.

Baca Juga: Arab Saudi Catat 1201 Kasus Baru Covid-19, Indonesia Masih Belum Bisa Buka Keberangkatan Haji

Salah satu tokoh akademisi itu menyoroti adanya spekulasi publik yang merasa curiga terkait keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) karena adanya isu lain di balik batalnya keberangkatan jamaah haji Indonesia pada tahun ini.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini