TNI AL Gagalkan Penyelundupan 77.971 Ekor Benih Lobster, dan Kerugian Negara Capai Rp7,8 Miliar

- 11 Juni 2021, 12:04 WIB
Foto Benih Lobster yang berhasil digagalkan oleh TNI AL di perairan Banten
Foto Benih Lobster yang berhasil digagalkan oleh TNI AL di perairan Banten /laman resmi TNI AL//koarmada1.tnial.mil.id

KABAR BESUKI – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten berhasil menggagalkan penyelundupan lebih dari 77.971  ekor benih lobster yang akan dikirim ke Vietnam melalui Pulau Sumatera.

Petugas dari Tim Satgas Wanara Sakti 21 dan Satgas Gabungan  berhasil menggagalkan penyelundupan tersebut di pelabuhan Merak, Banten pada Rabu, 9 Juni 2021.

Komandan Lanal (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Budi Iriyanto menjelaskan, Lanal Banten bekerjasama dengan sejumlah pihak berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster sebanyak 77.971 ekor yang dikemas dalam 14 boks (kotak styrofoam).

Baca Juga: Resep Membuat Cajun Sauce Ala BTS Meal dengan Cara Praktis dan Enak, ARMY Wajib Coba!

“Dari 14 boks yang kita amankan, terdapat 13 boks benih lobster jenis pasir sejumlah 76.896 ekor dan 1 boks jenis mutiara sejumlah 1.075 ekor, sehingga total semuanya 77.971 ekor benih lobster. Dengan total kerugian negara mencapai Rp. 7,8 Miliar," ungkap Budi Iriyanto.

Dari penangkapan tersebut, terdapat dua terduga pelaku penyelundupan asal lampung turut diamankan bersama barang bukti

"Dari keterangan pelaku berinisial AD (33) dan AF (23), benih lobster tersebut akan diseberangkan ke Lampung dan selanjutnya akan diselundupkan ke Vietnam” terangnya.

Baca Juga: Kartika Putri Menyinggung Luna Maya Tentang Pernikahan: Aku Ga Mau Lanjut Kalau Belum Dijawab, Aku Penasaran

Selanjutnya pelaku dan barang bukti langsung diserahkan ke Polda Banten untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut .

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @tni_angkatan_laut


Tags

Terkini

x