Tak Hanya Jawa Timur, Ternyata 3 Provinsi Ini Disebut Rawan Gempa dan Tsunami! Cek Daerahnya di Sini

- 12 Juni 2021, 08:15 WIB
Ilustrasi BMKG memprediksi ada 9 wilayah di Jawa Timur yang berpotensi tsunami maksimal setinggi 29 meter.
Ilustrasi BMKG memprediksi ada 9 wilayah di Jawa Timur yang berpotensi tsunami maksimal setinggi 29 meter. /Pixabay.com/KELLEPICS

KABAR BESUKI - Gempa bermagnitudo besar yang dapat menimbulkan tsunami kemungkinan tidak hanya terjadi di wilayah Jawa Timur saja.

Diketahui ternyata ada sejumlah tiga provinsi lainnya, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, juga sangat rentan.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono menegaskan, potensi gempa dan tsunami berkekuatan besar tidak hanya di pesisir Jawa Timur.

Daryono mengatakan gempa bumi merupakan proses geologi dan tektonik yang bersifat alami seperti hujan, angin dan aliran air.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Bintang' yang Dipopulerkan oleh Anima: Biarkan Ku Menggapaimu, Memelukmu

“Catatan sejarah gempa besar Jawa akibat aktivitas subduksi lempeng membuktikan bahwa: justru Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Barat adalah yang paling sering dilanda gempa besar,” tulis Daryono, dilansir Kabar Besuki dari Twitter dengan nama pengguna @DaryonoBMKG.

Ia juga mengimbau masyarakat di daerah rawan gempa untuk tetap tenang dan tidak cemas dan panik.

Sebagai upaya antisipasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memiliki cara sederhana. Yaitu metode 20-20-20.

Cara ini tidak berlaku untuk semua wilayah, tetapi berlaku untuk orang yang berada atau tinggal di dekat pantai pada saat kejadian dan sulit untuk mengungsi ke dataran tinggi.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Twitter @DaryonoBMKG


Tags

Terkini

x