Perusahaan Rintisan di India Berhasil Luncurkan Alat Tes Covid-19, Terbilang Sederhana dengan Harga Murah

- 12 Juni 2021, 19:21 WIB
Ilustrasi perlengkapan untuk melindungi diri saat pandemi
Ilustrasi perlengkapan untuk melindungi diri saat pandemi /Roman Grachev/Unsplash

KABAR BESUKI - India Mylab Discovery Solutions berharap alat tes Covid-19 yang bisa digunakan saat berada dalam rumah terbilang miliki harga murah.

Meskipun terbilang baru dan pertama di negara itu, namun hal ini akan membantu India melacak penyebaran pandemi dengan lebih baik di antara 1,3 miliar warganya.

Coviself diluncurkan awal bulan ini dan merupakan alat uji rumah pertama yang disetujui di India, yang perlahan muncul dari gelombang kedua yang membanjiri rumah sakit dan krematoriumnya, dengan hampir 30 juta orang terinfeksi sejauh ini dan lebih dari 350.000 orang dinyatakan meninggal.

Baca Juga: Kilang Pertamina RU IV Cilacap Terbakar Masih Sisakan 1 Titik Api yang Belum Bisa Dipadamkan

Tetapi banyak ahli menduga bahwa angka sebenarnya jauh lebih tinggi, menyalahkan pengujian yang tidak memadai dan pencatatan yang tidak akurat tentang penyebab kematian pasien.

Perusahaan, yang juga membuat tes PCR untuk mendeteksi infeksi HIV, mengatakan bahwa akses luas ke Coviself akan mengurangi tekanan pada laboratorium yang terbebani dan meningkatkan pelacakan infeksi.

Kit ini menggunakan usap hidung dan kode QR untuk terhubung ke aplikasi seluler yang mengungkapkan hasil dalam 15 menit, dan mengirimkan detailnya ke Dewan Penelitian Medis India, lembaga ilmiah yang memimpin tanggapan pemerintah.

“Sudah didesain agar orang bisa melakukannya di rumah. Jadi isi kitnya sederhana, cara membuangnya sederhana, cara melakukannya pun sederhana,” kata Shrikant Pawar, Head of Serology & Microbiome.

Baca Juga: Lima Bom Rakitan 'Bondet' Ditemukan di Bawah Pohon Pinggir Sungai Wilayah Tegaldlimo

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: AFP


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x