Kasus Covid-19 Meningkat, Banyuwangi Antisipasi Menambah Kapasitas Tempat Tidur untuk Rumah Sakit Rujukan

- 23 Juni 2021, 08:56 WIB
Potret Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan pengecekan dalam penambahan kapasitas tempat tidur di enam rumah sakit rujukan
Potret Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan pengecekan dalam penambahan kapasitas tempat tidur di enam rumah sakit rujukan /@ipukfdani/instagram

KABAR BESUKI – Kenaikan kasus aktif Covid-19 beberapa pekan ini terjadi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Banyuwangi. Rasio tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy ratio/BOR) di rumah sakit untuk perawatan pasien menjadi hal yang penting dan perlu diutamakan.

Kendati demikian, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melakukan antisipasi dengan menambah kesediaan atau kapasitas tempat tidur di rumah sakit.

Hal tersebut juga disampaikan oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pada Selasa, 22 Juni 2021 saat melakukan mengecek kesiapan RSUD Blambangan,untuk menangani kenaikan kasus aktif Covid-19.

Baca Juga: Silaturahmi Antar Tokoh Umat Beragama di Banyuwangi terus dilakukan, Ipuk: Mewujudkan Harmoni di Banyuwangi

Tampak Ipuk berkeliling RSUD Blambangan dan melihat segala fasilitas RSUD Blambangan terkait penanganan pasien Covid-19.

Ipuk pun kembali menegaskan bahwa sebagai upaya antisipasi kenaikan kasus Covid-19, terdapat beberapa hal yang akan dilakukan. Di antaranya menambah kapasitas tempat tidur.

Ipuk menjelaskan, untuk BOR non-ICU, saat ini di Banyuwangi berkisar 44 persen. Adapun yang untuk unit perawatan intensif (Intensive care unit/ICU) sudah sebesar 80 persen.

“BOR untuk ICU sudah 80 persen. Kita siapkan tambahan. Sedangkan yang ruang perawatan non-ICU, meskipun BOR masih 44 persen, tetap kita siapkan tambahan,” ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari laman resmi pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Selasa, 22 Juni 2021.

Ipuk mengungkapkan bahwa per hari ini (22 Juni 2021) setelah ada tambahan bed (tempat tidur), rasio keterisian tempat tidur (bed occupancy ratio/BOR) di rumah sakit rujukan Banyuwangi yakni sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x