Modal 150 Ribu Kini Raup Omzet Puluhan Juta, Frozen Fruit Banyuwangi Tembus Berbagai Kota di Tanah Air

- 23 Juni 2021, 09:01 WIB
Foto: Frezen fruit 'Istana Sirsak' Banyuwangi
Foto: Frezen fruit 'Istana Sirsak' Banyuwangi /@ipukfdani/Instagram/

KABAR BESUKI - Produk hilir pertanian Banyuwangi semakin mendapat tempat di pasar nasional. Salah satunya adalah buah kupas beku (frozen fruit) produksi “Istana Sirsak" Banyuwangi yang telah menembus berbagai kota di Tanah Air.

Sucipto, pemilik “Istana Sirsak”, bercerita, modal awalnya hanya Rp150 ribu, dan kini mampu meraup omzet hingga Rp50 juta per bulan. 

Usaha yang berada di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, itu dirintis sejak 2014. Ketika itu, Sucipto melihat potensi sirsak di Banyuwangi cukup berlimpah, namun hilirisasinya belum tergarap maksimal.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Banyuwangi Antisipasi Menambah Kapasitas Tempat Tidur untuk Rumah Sakit Rujukan

"Awalnya saya sedih melihat buah sirsak ini tidak dimanfaatkan maksimal. Lalu saya survei pasar, ternyata ada sirsak yang sudah masak lalu dibuang karena masyarakat tidak bisa mengolah. Sayang sekali, karena sangat bermafaat untuk kesehatan. Lalu terpikir bagaimana memanfaatkannya," kata Sucipto kepada Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat bertandang ke tempat usahanya, seperti dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi.

Sucipto lalu tergerak untuk memperpanjang usia sirsak, yakni dengan dibekukan. Bermodal Rp150 ribu, dia bertekad memulai usahanya. Dari modal tersebut, kini omzet penjualannya mencapai Rp. 50 juta per bulan.

“Dua tahun saya jatuh bangun, Alhamdulillah 2016 mulai banyak peminatnya. Bahkan saya sampai kewalahan memenuhi permintaan,” kata Sucipto.

Sirsak beku produksi Sucipto telah dipasok ke sejumlah pabrik dan restoran di berbagai kota, seperti Jakarta, Banjar, Bali, Surabaya, dan Mataram.

Baca Juga: Silaturahmi Antar Tokoh Umat Beragama di Banyuwangi terus dilakukan, Ipuk: Mewujudkan Harmoni di Banyuwangi

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x