14 Fakta dari Covid-19 Menurut WHO, Salah Satunya Belum Ada Obat yang Bisa Mengatasi Virus Ini Secara Langsung

- 3 Juli 2021, 14:26 WIB
Ilustrasi Covid-19.*
Ilustrasi Covid-19.* /Freepik

KABAR BESUKI - Hingga hari ini total kasus konfirmasi positif Covid-19 di dunia sudah mencapai 183 juta jiwa, angka tersebut akan terus bertambah dari hari ke hari.

Angka kematian dari kasus tersebut di dunia sudah mencapai 3,96 juta jiwa, dan angka kesembuhan mencapai lebih dari 167 juta jiwa.

Seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi World Health Organization (WHO), Amerika masih menduduki peringkat 1 kasus konfirmasi positif Covid-19. Disusul India dan Brazil yang menempati urutan ke-2 dan 3.

Baca Juga: Selama PPKM Darurat, Empat Ribu Lebih Personel Dikerahkan dalam Operasi Nusa Aman II

Data tersebut menunjukkan bahwa level kewaspadaan terhadap kasus ini perlu ditingkatkan, dengan menempuh berbagai upaya yang realistis dan juga efektif yang datang dari seluruh elemen masyarakat. 

Bahkan, sebagian publikasi ilmiah terkini menyampaikan bahwa intervensi Covid-19 sudah mulai beralih dari patient centered care menjadi community centered care. 

Maksudnya, penanganan pandemik ini sudah difokuskan dan berbasis pada seluruh komponen yang ada masyarakat. Dengan kata lain, keberhasilan penanganan Covid-19, salah satunya ditentukan oleh seberapa tanggap masyarakat berespon terhadap situasi yang ada.

Hanya saja, di antara kelemahan community-centered care adalah dengan semakin meningkatnya temuan kasus positif Covid-19 ini, seringkali menjadi lahan empuk beredarnya berita-berita yang dipertanyakan kebenarannya. 

Baca Juga: Pria Jomblo Ternyata Lebih Berisiko Mengalami Mati Muda Dibanding Wanita, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: WHO.Int


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x