Kota Terdingin di Indonesia Berada di Papua, Siang Hari Suhunya Mencapai 15 Derajat

- 26 Juli 2021, 15:57 WIB
Kota Terdingin di Indonesia Berada di Papua, Siang Hari Suhunya Mencapai 15 Derajat
Kota Terdingin di Indonesia Berada di Papua, Siang Hari Suhunya Mencapai 15 Derajat /@jamaltakwin/Instagram

KABAR BESUKI - Jika kamu berpikir daerah Puncak, Jawa Barat atau Kota Malang menjadi kota terdingin, kamu salah. Ternyata ada yang lebih dingin dari Puncak dan Malang. 

Rasa Dingin di Kota ini melebihi daerah Puncak dan Malang, Kota Mulia namanya. Di mana ya, Kota Mulia itu? Kota Mulia berada di daerah Puncak Jaya Wijaya, Papua. 
 
Seperti dilansir Kabar Besuki dari akun Instagram @kuyinfo, kota ini diberi gelar sebagai kota terdingin di Indonesia, lho. Itu karena kota ini terletak di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut.
 
Baca Juga: Cara Agar Cepat Lunas Hutang Versi Primbon Jawa, Ternyata Mudah Dilakukan

Kota Mulia berada di sebuah lembah yang dikelilingi Pegunungan Jaya Wijaya. Pada siang hari, suhu di sana sekitar 15 derajat Celcius, sedangkan pada malam hari, suhunya bisa mencapai sembilan derajat Celcius.

Curah hujan di sana juga terjadi hampir sepanjang tahun. Maka itu, sebagian besar warga yang tinggal di sana masih menempati Hanoi, yaitu rumah adat Papua.

Rumah Hanoi yang tanpa jendela bisa membuat udara dingin nggak mudah masuk ke rumah. Sedangkan rumah berdinding semen biasanya hanya digunakan untuk gedung perkantoran saja.
 
 
Selain suhunya dingin, Distrik Mulia juga memiliki pemandangan yang mengaggumkan. Mereka yang tinggal di wilayah ini dapat menyaksikan lembah hijau, jernihnya aliran sungai, yang sudah pasti akan memanjakan mata.
 
Tapi jangan salah, distrik di Papua dengan penduduk mencapai 24.649 jiwa bukanlah daerah yang tertinggal. 
 
Wilayah dengan luas mencapai 883 kilometer persegi ini sudah dilengkapi berbagai infrastruktur, mulai dari sekolah hingga rumah ibadah.
 
Untuk bisa mencapai Kabupaten Puncak Jaya, Anda bisa menggunakan pesawat berbadan kecil dari Jayapura. Penerbangan ini akan memakan waktu sekira satu jam.
 
Atau, juga bisa menggunakan kendaraan roda empat dari Wamena. Namun, kita harus menempuh perjalanan selama 16 jam dan melewati jalan bebatuan, bahkan juga melewati jurang curam di sisi kiri dan kanan.
 
 
Pesawat yang bisa digunakan di sini hanyalah pesawat jenis Caravan yang hanya bisa ditumpangi sembilan orang.
 
Kota Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua yang selama ini dikenal sebagai daerah rawan konflik bersenjata ternyata menyimpan panorama alam pegunungan yang elok nan eksotis. 
 
Salah satunya adalah spot wisata “Pos Merah Putih” yang berada di atas ketinggian Kota Mulia, tepatnya di antara jalan yang menghubungkan Distrik Mulia dan Distrik Yamo.
 
Pos Merah Putih merupakan Pos TNI yang kemudian disulap menjadi salah satu spot wisata yang kerap dikunjungi oleh masyarakat setempat saat akhir pekan maupun waktu liburan.
 
 
Dari atas pos merah putih, kita akan disuguhkan pemandangan alam kota Mulia yang dikelilingi hutan dan perbukitan, serta hamparan awan putih di atasnya. 
 
Bahkan saat kabut turun di pagi hari atau jelang sore hari yang menutupi Kota Mulia, kita laiknya berada di Negeri di Atas Awan.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @kuyinfo


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x