Monte Kali Gunung Garam Dapur yang Berada di Jerman Sering Mendapat Julukan Kilimanjaro

- 27 Juli 2021, 17:48 WIB
Monte Kali gunung garam di Jerman./Instagram/@george_oldman
Monte Kali gunung garam di Jerman./Instagram/@george_oldman /

KABAR BESUKI - Monte Kali adalah tengara (landmark) yang tidak biasa di kota kecil Heringer di bagian timur Hesse, Jerman. 

Ini adalah gundukan yang menggunung dari natrium klorida atau garam dapur biasa, yang merupakan produk sampingan dari pertambangan kalium atau potash.

Selama lebih dari seratus tahun, pertambangan kalium telah menjadi industri utama di wilayah ini.
Baca Juga: 5 Cara Atasi Sesak Nafas Akibat Penumpukan Lendir, Termasuk Juga Gejala Covid-19

Seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @infofakta_, dimulai dengan pembukaan Wintershall Potash Works, yang mulai menambang pada tahun 1903, dan hari ini adalah tambang kalium terbesar dunia dengan luas operasional seukuran Greater Munich.

Pertambangan Potash menghasilkan campuran kalium dan natrium klorida, dengan konten kalium antara 20 persen dan 35 persen. 
 
Dengan demikian, untuk setiap ton kalium, ada berberapa ton natrium klorida diproduksi. Limbah natriumklorida ini dibuang di beberapa situs di sekitar wilayah tersebut.

Limbah mengandung hingga 96 persen natrium klorida. Monte Kali mulai tumbuh pada tahun 1973, saat di mana perusahaan kimia K + S membuang limbah natrium klorida.
Baca Juga: Menikah Bisa Bantu Cegah Risiko Penyakit Jantung dan Stroke lho!
Lebih dari 10.000 pengunjung mendaki gunung garam ini setiap tahun. Dari puncak Monte Kali kita bisa melihat pemandangan kota Heringen. 
 
Bagi yang masih penasaran bisa datang pada hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu serta di hari libur nasional dengan terlebih dahulu membeli tiket di Museum Werra Potash yang berada di daerah Heringen. 
 
Tak kurang dari 188 juta ton garam dan 900 ton material lainnya menumpuk menjadi sebuah gunungan. Luas area gunung buatan ini mencapai 93 hektar dengan puncak tertingginya mencapai 230 meter. 
Karena keunikan ini kemudian warga setempat menamainya dengan Monte Kali bahkan ada yang menyebutnya dengan Kilimanjaro-nya Jerman.
 
Sementara Kalimanjaro merupakan sebutan penduduk setempat yang berasal dari Kali yaitu singkatan Kalisalz, bahasa Jerman untuk kalium. Dan Gunung Kilimanjaro, gunung berapi yang terkenal di Afrika.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @infofakta_


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x