Merapi Level Siaga, Hujan Abu Tipis Guyur Sejumlah Wilayah Lereng Gunung

- 8 Agustus 2021, 12:50 WIB
Tangkapan layar Merapi Level Siaga, Hujan Abu Tipis Guyur Sejumlah Wilayah Lereng Gunung
Tangkapan layar Merapi Level Siaga, Hujan Abu Tipis Guyur Sejumlah Wilayah Lereng Gunung /@BPPTKG/twitter

KABAR BESUKI - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) hingga saat ini masih menetapkan status Gunung Merapi pada level III atau Siaga.

BPPTKG juga melaporkan terjadinya guguran awan panas yang meluncur dari Gunung Merapi pada Minggu, 8 Agustus 2021 pada pagi hari sehingga memicu hujan abu tipis di sejumlah wilayah lereng gunung tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta.

Baca Juga: Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum dan Sesudah Menerima Vaksin Moderna

"Terjadi hujan abu intensitas tipis di beberapa lokasi setelah kejadian awan panas ini," katanya sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Antara Jateng.

Hanik Humaida juga menjelaskan berdasarkan pendataan sementara hujan abu tipis antara lain terpantau mengguyur wilayah Tlogolele serta Klakah Ngisor di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah serta Kapuhan, Paten, Ngowok, dan Babadan di Kabupaten Magelang, Jateng.

Selain itu, BPPTKG pada Minggu, 8 Agustus 2021 juga mencatat serangkaian awan panas guguran meluncur dari gunung di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu sejak dini hari ke arah barat daya.

Selama periode pengamatan pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, awan panas guguran terpantau meluncur pada pukul 02.32, 04.20, dan 04.58 WIB dengan jarak luncur maksimum 3.000 meter ke arah barat daya.

Baca Juga: Kisah Driver Ojek Online Nemu Barang Berharga Milik Penumpang, Kresek Isinya Uang Puluhan Juta

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: ANTARA Jateng


Tags

Terkini

x