Usaha Menjanjikan Peternakan Ayam Petarung pada Saat Pandemi Covid-19

- 10 Agustus 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi,Usaha Menjanjikan Peternakan Ayam Petarung Pada Saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi,Usaha Menjanjikan Peternakan Ayam Petarung Pada Saat Pandemi Covid-19 /pixabay

KABAR BESUKI - Usaha peternakan ayam kini mulai digemari banyak orang di daerah Banyuwangi, khususnya usaha peternakan ayam petarung.

Cukup bermodalkan Rp500 Ribu sudah mendapatkan bibit unggul ayam petarung beserta pakan konsentratnya.
 
Seperti dilansir Kabar Besuki dari berbagai sumber, perawatan ayam petarung juga tidak seribet yang peternakan lainnya asalkan kita mampu memahami tips-tips agar ayam mampu tumbuh dengan sehat.
 
 
Untuk ayam umur 1 minggu sampai 2 bulan harus diberi pakan full konsentrat agar pertumbuhan ayam lebih cepat.
 
Harga dari pakan konsentrat ayam sangat bervariasi, harganya juga termasuk murah cukup dengan Rp11.000 sudah mendapat pakan seberat 1 kilogram dan dapat dipakai lebih dari 1 minggu.
 
Minuman ayam juga harus diberi vitamin agar kesehatan ayam agar terus bugar. Pemberian lampu di malam hari juga sangat penting bagi kelangsungan hidup ayam.
 
Lampu yang digunakan harus lampu biasa yang berwarna kuning, karena bersifat hangat jadi lampu tersebut dapat menghangatkan tubuh ayam dikala malam hari.
 
 
Pemberian pakan konsentrat dilakukan selama umur 1 minggu hingga 2 bulan. Setelah umur 2 bulan, pemberian pakan konsentrat bisa dicampurkan dengan dedak padi.
 
Pemberian jagung juga sangat diperlukan untuk memperkuat otot ayam petarung. 
 
Perawatan ayam petarung sendiri memang butuh ketelitian, supaya ayam yang dihasilkan dapat berkmebang sesuai dengan keinginan dari peternak.
 
Kiat peternakan ayam petarung sendiri omzetnya bisa mencapai Rp1 juta per ekornya, itu kalau ayam tersebut bagus.
 
Namun paling minimal ayam bisa dijual diatas harga Rp200 ribu. Ayam petarung juga membutuhkan vaksin agar terhindar dari penyakit aratan.
 
 
Jika terkena penyakit tersebut ayam sudah tidak bisa tertolong lagi alias mati, pemberian vaksin alangkah lebih baik dilakukan 1 bulan sekali guna mencegah penyakit tersebut.
 
Usaha ayam petarung memang sangat menggiurkan, omzet yang didapat juga lumayan besar, sedangkan untuk modalnya cukup terjangkau.
 
Meskipun ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, usaha ini tetap bisa menguntungkan karena peminatnya sangat banyak.
 
Maka dari itu usaha peternakan ayam petarung sangat dianjurkan untuk mengisi kegiatan di rumah pada saat pandemi seperti sekarang ini.***

 

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Youtube William Martin YouTube Botoh Nusantara YouTube Hendika WARfarm


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x