Inilah Golongan Darah Paling Langka di Dunia, Rh-null 'Darah Emas' Sangat Bermanfaat Layaknya Emas

- 23 Agustus 2021, 14:03 WIB
Ilustrasi Inilah Golongan Darah Paling Langka di Dunia, Rh-null 'Darah Emas' Sangat Bermanfaat Layaknya Emas
Ilustrasi Inilah Golongan Darah Paling Langka di Dunia, Rh-null 'Darah Emas' Sangat Bermanfaat Layaknya Emas /Bayu/Pixabay/200degrees
KABAR BESUKI - Selain memberikan identitas pada seseorang ada beberapa manfaat lain hasil pemeriksaan golongan darah seperti untuk membantu memantau diet, untuk membantu menghindari penyakit tertentu, untuk mengetahui resiko dari penyakit jantung, dan lain sebagainya.
 
Secara umum, golongan darah dibedakan menjadi empat tipe utama, yaitu A, B, AB, dan O. Penentuan golongan darah ini dilakukan berdasarkan jenis antigen yang terdapat di dalam darah, yaitu antigen A dan antigen B, serta antibodi yang dihasilkan untuk menghancurkan antigen tersebut.
 
Tahukah kamu bahwa ada golongan darah yang selain di atas?

Seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @wowfact.id, golongan darah Rh-null adalah yang paling langka di dunia. 

Jenis darah ini diperkirakan hanya dimiliki 1 dari 6 juta orang. Selama ini, hanya 43 orang yang pernah teridentifikasi mempunyai golongan darah Rh-null.

Selain langka, kelainan yang diakibatkan masalah genetik ini juga bisa menjadi donor darah universal dari sistem penggolongan darah rhesus. 
Artinya, baik rhesus positif atau negatif, bisa menerima donor darah dari Rh-null layaknya golongan darah O pada sistem ABO.

Jadi, istilah darah emas tidak secara harafiah seseorang mempunyai darah berwarna emas. 
 
Julukan tersebut diberikan karena golongan darah ini langka dan sangat bermanfaat layaknya emas, maka Rh-null disebut darah emas atau golden blood.

Jadi, darah emas bukan berarti darah pemiliknya berwarna emas. Istilah tersebut hanyalah untuk menunjukkan betapa berharga dan langkanya darah jenis tersebut. 
 
Meski sangat penting untuk transfusi, darah emas juga bisa berbahaya bagi pemiliknya. Penyebabnya, orang yang memiliki golongan darah Rh-Null hanya bisa menerima donor dari golongan yang sama. 
 
Karena itu, pemilik Rh-null alias darah emas didorong untuk mendonorkan darah, yang bisa digunakan untuk diri sendiri saat dibutuhkan.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @wowfact.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x