Harga Tes Antigen Jawa-Bali Turun Harga Menjadi Rp99 Ribu, Produksi dalam Negeri Sudah Banyak

- 2 September 2021, 11:15 WIB
ilustrasi Harga Tes Antigen Jawa-Bali Turun Harga Menjadi Rp99 Ribu, Produksi dalam Negeri Sudah Banyak
ilustrasi Harga Tes Antigen Jawa-Bali Turun Harga Menjadi Rp99 Ribu, Produksi dalam Negeri Sudah Banyak /Pikiran-rakyat.com/

KABAR BESUKI – Saat masa pandemi Covid-19 yang hingga kini melanda di seluruh wilayah Indonesia, Tes antigen menjadi salah satu syarat bagi orang yang melakukan perjalanan darat maupun udara.

Namun saat ini Anda tak perlu khawatir dengan mahalnya harga Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen.

Pasalnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengumumkan penyesuaian batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen menjadi Rp99 ribu untuk di daerah Jawa-Bali.

Baca Juga: Ada Sosok 'Besar' di Balik YouTuber Muhammad Kece, Disebut Punya Kekuatan Besar Hingga Sulit Dikalahkan

Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Prof dr Abdul Kadir dalam konferensi pers secara virtual, Rabu, 1 September 2021 menjelaskan bahwa penurunan tidak hanya dilakukan di Jawa-Bali, akan tetapi juga dilakukan di luar daerah tersebut.

"Dari hasil evaluasi, kami sepakati bahwa batas tarif tertinggi pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen diturunkan menjadi Rp99 ribu untuk daerah Jawa dan Bali, serta sebesar Rp109 ribu di luar pulau Jawa dan Bali," jelas Abdul Kadir dikutip Kabar Besuki dair PMJ News.

Abdul Kadir juga menjelaskan bahwa harga tersebut telah disesuaikan dari berbagai komponen seperti jasa pelayanan, sumber daya manusia (SDM), reagen, bahan habis pakai, biaya administrasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Terekam dalam CCTV, Gerak-gerik Pelaku Telah Diketahui!

Ia juga memohon kepada seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan yang mempunyai wewenang untuk melakukan tes agar mematuhi batasan tarif tertinggi.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini

x