Masyarakat Indonesia Khawatir, Karena Data Sertifikat Vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo Bocor

- 5 September 2021, 15:45 WIB
Ilustrasi vData Sertifikat Vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo Bocor, Membuat Masyarakat Indonesia Khawatir
Ilustrasi vData Sertifikat Vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo Bocor, Membuat Masyarakat Indonesia Khawatir /Pixabay/Paul_McManus

KABAR BESUKI - Data Sertifikat Vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo bocor, hal ini membuat masyarakat Indonesia menghkawatirkan keamanan yang ada.

Masyarakat Indonesia mengkhawatirkan keamanan data medis pribadi mereka pada Sabtu 4 September 2021, setelah sertifikat vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo bocor dan aplikasi uji besar juga muncul dikompromikan.

Indonesia memiliki catatan keamanan siber yang lemah, dengan literasi online yang buruk dan sering terjadi kebocoran sebelumnya.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Sebut Pemerintahan Anies Baswedan 'Kotor': Anies Tidak Berani Transparan

Sertifikat vaksin Jokowi yang beredar online, menunjukkan nomor ID yang disensor dan waktu vaksinasi dan dibocorkan oleh pengguna yang menemukan datanya di aplikasi pemantauan vaksin resmi PeduliLindungi, kata pemerintah.

“Beberapa orang telah mengakses sertifikat vaksin Pak Joko Widodo dengan menggunakan fitur cek vaksin yang tersedia di PeduliLindungi,” kata keterangan resmi, Jumat.

Ageng Wibowo, 39, yang berbasis di Jakarta, mengatakan bahwa kebocoran itu membuatnya gugup dan menyerukan undang-undang keamanan siber yang lebih keras.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo 'Ngamuk' Dengar Banyak Prajurit Kena Tembak, Langsung Balik Pulang: Saya Ambil Keputusan Cepat

"Kalau seorang presiden bisa membocorkan datanya bagaimana dengan saya yang hanya orang biasa?," tambahnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: AFP


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x