Refly Harun Pertanyakan Interpelasi Formula E oleh PSI dan PDIP: Harus Dicari Apa yang Mau Diinterpelasi?

- 8 September 2021, 18:42 WIB
Refly Harun Pertanyakan Interpelasi Formula E oleh PSI dan PDIP: Harus Dicari Apa yang Mau Diinterpelasi?
Refly Harun Pertanyakan Interpelasi Formula E oleh PSI dan PDIP: Harus Dicari Apa yang Mau Diinterpelasi? /Instagram.com/@aniesbaswedan

KABAR BESUKI - Pakar hukum tata negara Refly Harun mempertanyakan interpelasi Formula E yang dilakukan oleh fraksi PSI dan PDIP di DPRD DKI Jakarta.

Refly Harun mengatakan bahwa publik tak boleh alergi terhadap upaya kontrol kebijakan Pemprov DKI Jakarta yang dilakukan oleh PSI dan PDIP melalui mekanisme interpelasi.

Akan tetapi, klaim PSI dan PDIP yang menyebut bahwa usulan interpelasi terhadap rencana penyelenggaraan Formula E di Jakarta bukan sepenuhnya merupakan aspirasi dari kepentingan masyarakat luas, melainkan hanya manuver politik belaka.

"Kita tidak boleh alergi terhadap kontrol terhadap upaya PSI dan PDIP untuk melakukan interpelasi. Perkara itu kemudian gagal, itu soal politik karena kalau kita mengatakan interpelasi itu adalah murni kehendak masyarakat, maka kita tidak pernah belajar politik yang sesungguhnya," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 8 September 2021.

Baca Juga: Rudi Kamri Sebut Anies Baswedan Pengecut Karena Dianggap Takut Hadapi Interpelasi Formula E

Refly Harun mengatakan bahwa narasi kepentingan rakyat dalam sebuah manuver politik tak sepenuhnya murni untuk memperjuangkan hal tersebut.

"Bullshit kalau kita ngomong soal rakyat dalam politik, yang paling penting adalah kadarnya. Maksudnya adalah, apakah kepentingan partai politik itu bisa crossing dengan kepentingan masyarakat?," ujarnya.

Refly Harun mengatakan, kebijakan atau program kerja partai politik yang bersinggungan langsung dengan kepentingan masyarakat luas akan lebih mudah memperoleh dukungan dari masyarakat.

Dia mengungkapkan, semakin tinggi tingkat human interest dalam kebijakan politik semakin tinggi pula besarnya dukungan dari masyarakat.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkini

x