Penanganan Kebakaran Lapas Tangerang Dinilai Tak Becus, Rocky Gerung Minta Yasonna Laoly Mundur

- 9 September 2021, 08:05 WIB
Penanganan Kebakaran Lapas Tangerang Dinilai Tak Becus, Rocky Gerung Minta Yasonna Laoly Mundur
Penanganan Kebakaran Lapas Tangerang Dinilai Tak Becus, Rocky Gerung Minta Yasonna Laoly Mundur /Instagram/@yasonna.laoly

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung meminta Yasonna Laoly mundur sebagai Menkumham karena penanganan kebakaran Lapas Tangerang yang dinilai tak becus.

Rocky Gerung menilai Yasonna Laoly harus mundur sebagai Menkumham karena Lapas Tangerang merupakan kewenangannya, jika berlandaskan pada standar etika dunia untuk pejabat publik.

"Sebetulnya kalau di dalam standar ethics dunia, itu mesti mengundurkan diri tuh Menteri Hukum dan HAM itu kan? Karena itu (Lapas Tangerang) di bawah dia. Artinya memang nggak ada yang disebut precautionary principal, prinsip-prinsip untuk menduga kemungkinan terjadinya sesuatu yang membahayakan," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 9 September 2021.

Baca Juga: Lapas Tangerang Kebakaran dan 41 Orang Tewas Terpanggang, Terdengar Suara Erangan Saat Api Berkobar

Rocky Gerung menilai Yasonna Laoly tak beretika karena tidak menunjukkan ekspresi bersalah saat berbicara dalam konferensi pers mengenai kebakaran di Lapas Tangerang.

Bahkan, Yasonna Laoly juga dinilai denial ketika diminta bertanggung jawab terhadap musibah kebakaran Lapas Tangerang yang merupakan wilayah kewenangannya.

"Saya lihat sepintas, itu Pak Menteri Hukum dan HAM Laoly dalam konferensi pers bikin penjelasan, dan gak ada wajah yang merasa bersalah itu, bahkan masih ada sedikit ngeyel gitu," ujarnya.

Baca Juga: Tim DVI Polri Diterjunkan Guna Identifikasi Napi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Rocky Gerung mengatakan, selama ini sistem infrastruktur lembaga pemasyarakatan (lapas) di Indonesia masih belum dapat dikatakan memenuhi standar kelayakan, hingga menyebabkan jumlah narapidana mencapai tahap overload.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

x