Ilmuwan Sebut Vaksin Booster Covid-19 Tak Dibutuhkan Secara Luas

- 14 September 2021, 10:26 WIB
Ilustrasi Ilmuwan Sebut Vaksin Booster Covid-19 Tak Dibutuhkan Secara Luas
Ilustrasi Ilmuwan Sebut Vaksin Booster Covid-19 Tak Dibutuhkan Secara Luas /Pexels.com/cottonbro

KABAR BESUKI - Sekelompok ilmuwan internasional dalam sebuah laporan baru di jurnal medis yang diterbitkan di The Lancet pada hari Senin, 13 September 2021 menyebutkan bahwa vaksin booster Covid-19 tak dibutuhkan secara luas atau umum.

Dalam laporan tersebut juga disebut bahwa hal tersebut tidak dibutuhkan, meski di tengah ancaman varian Delta yang lebih menular.

“Dosis booster untuk populasi umum tidak sesuai pada tahap pandemi ini,” tulis dalam jurnal itu, dikutip Kabar Besuki dari Aljazeera.

Baca Juga: Yoris Sebenarnya Tidak Diundang di Acara Doa Bersama Korban Pembunuhan Ibu-Anak Tapi Malah Nangis, Ada Apa?

"Setiap keputusan tentang perlunya peningkatan atau waktu peningkatan harus didasarkan pada analisis yang cermat dari data klinis atau epidemiologis yang terkontrol secara memadai, atau keduanya, yang menunjukkan pengurangan penyakit parah yang terus-menerus dan bermakna,” imbuhnya.

Para ilmuwan juga mengatakan bahwa perlu banyak bukti untuk membenarkan vaksin booster.

Tak hanya itu, mereka juga menyebutkan bahwa vaksin tetap sangat efektif melawan gejala Covid-19 yang parah pada semua varian Covid-19 utama termasuk Delta.

Ditegaskan pula dalam jurnal tersebut bahwa dosis vaksin harus diprioritaskan kepada orang-orang di seluruh dunia yang masih belum mendapatkan vaksin.

Baca Juga: Ngabalin Disebut Alami 'Gangguan Kejiwaan', Refly Harun: Sudah Berkorban, tapi Jabatannya Rendah-rendah Saja

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Aljazeera


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x