Singapura Kirim 122.400 Dosis Vaksin AstraZeneca ke Batam dan Kepulauan Riau

- 29 September 2021, 09:51 WIB
Ilustrasi Singapura Kirim 122.400 Dosis Vaksin AstraZeneca ke Batam dan Kepulauan Riau
Ilustrasi Singapura Kirim 122.400 Dosis Vaksin AstraZeneca ke Batam dan Kepulauan Riau /Alena Shekhovtcova/pexels
KABAR BESUKI - Singapura dilaporkan telah menyumbangkan dan mengirimkan total 122.400 dosis vaksin AstraZeneca Covid-19 ke Batam dan Kepulauan Riau di Indonesia.
 
Pengiriman tersebut diserahkan kepada Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo di Pelabuhan Jurong pada Selasa, 28 September 2021 dan diperkirakan akan tiba di Batam pada hari Rabu, 29 September 2021.
 
“Kontribusi dosis vaksin AstraZeneca yang diperoleh Singapura di bawah inisiatif COVAX ini merupakan bagian dari upaya Singapura untuk mendukung perjuangan regional dan global melawan Covid-19,” kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA), dikutip Kabar Besuki dari CNA.
 
Pada upacara serah terima, Menteri Luar Negeri Kedua Dr Mohamad Maliki Osman mengatakan bahwa kontribusi kepada Indonesia menjadi bukti kerjasama erat yang telah berlangsung lama antara Singapura dan Indonesia.
 
Ia juga menyebutkan bahwa Kepulauan Riau adalah salah satu tetangga dan mitra terdekat Singapura, dan banyak orang Singapura yang akrab dengan Batam. 
 
“Sangat penting bagi kita untuk terus bekerja sama sehingga kita dapat keluar dari tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditimbulkan oleh Covid-19,” kata Dr Maliki yang juga Menteri di Kantor Perdana Menteri, dikutip Kabar Besuki dari CNA.
 
Selain itu, menurutnya kedua negara telah menunjukkan komitmen untuk saling mendukung pada saat dibutuhkan.
 
Selain itu Singapura juga pernah mengirim lebih dari 500 ton oksigen cair ke Indonesia beberapa waktu lalu.
 
Indonesia juga memfasilitasi pengiriman barang-barang penting untuk fasilitas perawatan masyarakat Singapura di awal pandemi. 
 
“Baik Singapura dan Indonesia juga telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan rakyat kami dan kawasan dengan memvaksinasi populasi kami,” imbuhnya.
 
“Kami berharap kontribusi vaksin Singapura ke Indonesia, yang kami peroleh di bawah inisiatif COVAX, akan mendukung upaya ini dan kemajuan kawasan menuju ketahanan terhadap Covid-19,” paparnya.
 
Thailand , Brunei dan Malaysia termasuk di antara negara-negara di mana juga menerima sumbangan vaksin Covid-19 dari Singapura.
 
Bulan lalu, Singapura juga mengumumkan akan mengirim 500.000 dosis vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech ke Australia.***
 

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: CNA


Tags

Terkait

Terkini

x