Rocky Gerung Sebut BRIN Bisa Pengaruhi Hasil Riset Sejarah G30S PKI: Biarkan Jadi Proyek Sejarawan yang Teliti

- 30 September 2021, 11:30 WIB
Rocky Gerung Sebut BRIN Bisa Pengaruhi Hasil Riset Sejarah G30S PKI: Biarkan Jadi Proyek Sejarawan yang Teliti
Rocky Gerung Sebut BRIN Bisa Pengaruhi Hasil Riset Sejarah G30S PKI: Biarkan Jadi Proyek Sejarawan yang Teliti /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung menyebut keberadaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bisa mempengaruhi hasil riset sejarah G30S PKI.

Pasalnya, BRIN dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Di sisi lain, sebagian kalangan mengaitkan PDIP dengan PKI karena dicurigai adanya beberapa tokoh keturunan yang tergabung dalam partai berlogo banteng tersebut, salah satunya adalah Ribka Tjiptaning yang juga saat ini duduk di parlemen pusat.

Baca Juga: Dudung Klarifikasi Tudingan Gatot Nurmantyo atas Hilangnya Diorama G30S PKI, Rocky Gerung: Terlalu Pragmatis

Rocky Gerung menegaskan bahwa sejarah mengenai G30S PKI masih dalam kondisi tanda tanya besar karena adanya perdebatan dari berbagai kalangan dan banyaknya versi terkait sejarah tersebut, meski saat ini juga ada upaya rekonsiliasi yang diinisiasi masyarakat sipil.

"Soal G30S PKI itu tetap ada di dalam kondisi big question mark, pertanyaan besar. Memang pertanyaan itu menggantung terus setiap bulan September lalu timbul kontroversi tuh. Tetapi sebetulnya, upaya untuk rekonsiliasi itu tetap dinomorsatukan agendanya justru oleh masyarakat sipil," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Kamis, 30 September 2021.

Akan tetapi kata dia, masyarakat politik Indonesia justru terkesan membuat kacau publik terkait isu G30S PKI karena dinilai ingin menghambat agenda rekonsiliasi yang diinisiasi masyarakat sipil.

Bahkan menurutnya, saat ini juga timbul persepsi di kalangan masyarakat seolah-olah PDIP ingin menang sendiri.

"Yang kacau justru masyarakat politik, karena mau menggunting agenda itu sehingga timbul persepsi bahwa PDIP mau menang sendiri," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x