Resmi Dipecat dari KPK Gara-gara Tak Lolos TWK, Novel Baswedan Ngaku ‘Dijebak’: Saya Sengaja Disingkirkan

- 1 Oktober 2021, 15:38 WIB
Resmi Dipecat dari KPK Gara-gara Tak Lolos TWK, Novel Baswedan Ngaku ‘Dijebak’: Saya Sengaja Disingkirkan
Resmi Dipecat dari KPK Gara-gara Tak Lolos TWK, Novel Baswedan Ngaku ‘Dijebak’: Saya Sengaja Disingkirkan /@mlwnadalahkunci/Instagram/

KABAR BESUKI -  Novel Baswedan dan 56 pegawai KPK lainnya yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan akhirnya diberhentikan secara hormat pada 30 September 2021.

Namun dibalik pemecatan ini, Novel Baswedan menilai bahwa dirinya bukan tak lolos tes TWK melainkan memang sengaja untuk disingkirkan.

Pasalnya, Novel Baswedan mengatakan bahwa dalam Undang-undang KPK, seperti tes dan sebagainya KPK membuat sebuah peraturan baru komisi terkait peralihan menjadi seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Soeharto Prediksi Indonesia Mengalami Kehancuran di Tahun 2020 Disebut Jadi Kenyataan, Begini Bunyinya

Saat pembuatan peraturan tersebut, KPK awalnya tidak memasukkan TWK sebagai syaratnya, namun tiba-tiba, salah seorang pimpinan KPK memasukkan poin TWK sebagai syarat lulus.

“Tapi kemudian dalam prosesnya, penghujung pembahasan perkom tersebut, tiba-tiba ada pimpinan KPK yang memasukkan poin untuk perlunya untuk Tes Wawasan Kebangsaan,” kata Novel Baswedan seperti dikutip Kabar Besuki dari Youtube Refly Harun pada 1 Oktober 2021.

Keputusan inilah yang akhirnya memancing kecurigaan Novel Baswedan dkk. Ketua KPK yang mengajukan adanya TWK itu juga tidak memberikan kejelasan apapun terkait TWK yang akan dilaksanakan para pegawai.

Baca Juga: Kuasa Hukum Heran ke Yoris yang Tidak 'Melindungi' Yosef Saat Kasus Pembunuhan Subang, Malah Menyudutkan

Menurut pengakuan Novel Baswedan, setiap kali ditanya oleh para pegawai, ketua KPK hanya mengatakan bahwa diadakannya TWK tersebut tidak bermaksud untuk menyingkirkan siapapun.

“Pada saat sosialisasi disampampaikan, pimpinan KPK tidak pernah menyampaikan bahwa ada upaya menyingkirkan atau tidak lulus dalam tesnya. Kemudian kami mengonfirmasi bahwa itu hanya kebutuhan asesmen,” jelas Novel Baswedan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x