Rocky Gerung Sebut Media dan Jurnalis Indonesia 'Penakut' Sekaligus 'Penjilat' Kekuasaan, Ini Alasannya

- 9 Oktober 2021, 08:55 WIB
Rocky Gerung Sebut Media dan Jurnalis Indonesia 'Penakut' Sekaligus 'Penjilat' Kekuasaan, Ini Alasannya
Rocky Gerung Sebut Media dan Jurnalis Indonesia 'Penakut' Sekaligus 'Penjilat' Kekuasaan, Ini Alasannya /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyebut media dan jurnalis Indonesia sebagai 'penakut' sekaligus 'penjilat' kekuasaan.

Rocky Gerung menyebut media dan jurnalis Indonesia sebagai 'penakut' sekaligus 'penjilat' kekuasaan karena dianggap tak berani bersikap kritis terhadap pemerintah.

Rocky Gerung kemudian membandingkannya dengan Maria Ressa (jurnalis Filipina) dan Dmitri Muratov (jurnalis Rusia) yang memperoleh Nobel Perdamaian karena sikapnya yang berani mengkritisi pemerintah di negaranya masing-masing meski bersikap otoriter.

Baca Juga: Wartawan Filipina dan Rusia Raih Nobel Perdamaian, Rocky Gerung Sindir Daya Kritis Pers Indonesia

Rocky Gerung memberikan anjuran dengan kalimat satire-nya agar jurnalis Indonesia berlomba-lomba menciptakan 'hoax' agar memperoleh kesempatan berdiri di belakang Maria Ressa ketika diadili.

Makna 'hoax' yang dimaksud oleh Rocky Gerung dalam pernyataannya adalah narasi yang berseberangan dengan kepentingan kekuasaan atau pemerintah yang berkuasa.

"Kita anjurkan semua jurnalis Indonesia itu ber-'hoax' aja, nanti diadili supaya kita dapat kesempatan untuk berdiri di belakang Maria Ressa," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Rocky Gerung menegaskan, pemerintah seharusnya memahami bahwa pers tak hanya dijamin oleh regulasi, tetapi juga peradaban demokrasi yang sehat.

"Yang penting pemerintah paham bahwa pers itu bukan sekedar dijamin oleh UU Pers, tetapi dijamin oleh peradaban demokrasi," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x