Arya Sinulingga Beberkan Alasan Indonesia Gandeng China Terkait Kereta Cepat: Dia Ikut dalam Bisnis Tersebut

- 1 November 2021, 07:30 WIB
Arya Sinulingga Beberkan Alasan Indonesia Gandeng China Terkait Kereta Cepat: Dia Ikut dalam Bisnis Tersebut
Arya Sinulingga Beberkan Alasan Indonesia Gandeng China Terkait Kereta Cepat: Dia Ikut dalam Bisnis Tersebut /Ilustrasi/Rudy and Peter Skitterians/PIXABAY/Skitterphoto

KABAR BESUKI - Staf Khusus Menteri BUMN bidang komunikasi publik Arya Sinulingga membeberkan alasan Indonesia menggandeng China dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Arya Sinulingga membeberkan alasan Indonesia menggandeng China karena mereka ikut terlibat dalam proses bisnis kereta cepat di tanah air.

Sementara Jepang menurut Arya Sinulingga hanya bersedia memberikan pinjaman dana namun tak mau ikut terlibat dalam proses bisnis kereta cepat yang dikerjakan Pemerintah Indonesia.

"Kenapa nggak Jepang? Kenapa China? Kalau Jepang itu tidak mau ikut dalam proyek tersebut, dia hanya kasih pinjaman dana. Sementara kalau China, dia itu ikut dalam bisnis tersebut," kata Arya Sinulingga sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube tvOneNews pada Minggu, 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Kini Sedot Dana APBN, Fadli Zon: Ini Sebuah Skandal, harus Ada Investigasi Serius

Arya Sinulingga menegaskan kembali bahwa Jepang hanya bersedia memberikan pinjaman dan meminta jaminan dari pemerintah terkait proyek tersebut.

Salah satu jaminan yang dimaksud Arya Sinulingga adalah jaminan terhadap biaya asuransi proyek tersebut (jika ada).

Bahkan, dia mengatakan bahwa Jepang menyerahkan sepenuhnya operasional proyek kereta cepat kepada Pemerintah Indonesia karena hanya bersedia memberikan pinjaman.

"Jepang hanya ngasih pinjaman dan minta supaya ada jaminan dari pemerintah terhadap seluruh proyek tersebut, baik dalam proyek tersebut kalau ada cost of assurance dan sebagainya. Operasionalnya pun semua tanggung jawab pemerintah, Jepang tidak ikut-ikut karena hanya kasih pinjaman," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube tvOneNews


Tags

Terkait

Terkini

x