Luhut Akui Indonesia Sangat Ketergantungan dengan China dalam Ekonomi, Rocky Gerung: Lebih Banyak Merugikan

- 22 November 2021, 20:33 WIB
Luhut Akui Indonesia Sangat Ketergantungan dengan China dalam Ekonomi, Rocky Gerung: Lebih Banyak Merugikan.
Luhut Akui Indonesia Sangat Ketergantungan dengan China dalam Ekonomi, Rocky Gerung: Lebih Banyak Merugikan. /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengakui bahwa Indonesia sangat ketergantungan dengan China dalam hal ekonomi.

Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung turut angkat bicara mengenai pernyataan Luhut yang mengakui Indonesia sangat ketergantungan dengan China dalam hal ekonomi.

Rocky Gerung menilai, sinyal dari Luhut telah membatalkan seluruh sikap arogansi dari pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Sinyal semacam ini yang akhirnya membatalkan seluruh arogansi dari pemerintah ini kan? Karena memilih untuk proxy dengan China dan nggak punya hitungan secara strategis sebetulnya apa untungnya?," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 22 November 2021.

Baca Juga: Anthony Budiawan Sebut Ekonomi Indonesia Terseok-seok di Era Rezim Jokowi: Sudah Tidak Sehat Sejak 2014

Rocky Gerung membenarkan pernyataan Luhut yang mengakui Indonesia sangat ketergantungan dengan China dalam ekonomi.

Rocky Gerung menilai ketergantungan dengan China dalam ekonomi sebagaimana diakui Luhut lebih banyak merugikan Indonesia.

"Jadi ya udah, ya udah terjadi sehingga presiden pesimis dengan keadaan. Pak Luhut juga akhirnya mengerti bahwa perdagangan dengan China selama ini sebetulnya lebih banyak merugikan Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Sibuk Pamerkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Rocky Gerung: Bagi Milenial Itu Artinya Kedunguan

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x