Soroti Survei Elektabilitas Capres 2024, Rocky Gerung: Yang Mesti Disurvei Isi Otaknya

- 30 November 2021, 09:00 WIB
Soroti Survei Elektabilitas Capres 2024, Rocky Gerung: Yang Mesti Disurvei Isi Otaknya.
Soroti Survei Elektabilitas Capres 2024, Rocky Gerung: Yang Mesti Disurvei Isi Otaknya. /Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyoroti survei elektabilitas Capres 2024 yang dinilai cenderung mengunggulkan sejumlah nama tanpa mempertimbangkan kapasitasnya.

Rocky Gerung mempertanyakan survei elektabilitas Capres 2024 yang terkesan cenderung hanya bersifat kuantitatif semata.

Rocky Gerung menilai survei elektabilitas Capres 2024 juga harus mempertimbangkan isi otak atau pemikiran dari setiap nama yang muncul.

Baca Juga: Inilah Jagoan yang Kuasai Industri E-Commerce Indonesia Tahun 2021

Menurut Rocky Gerung, pada dasarnya seseorang atau lembaga melakukan sebuah survei khususnya terkait Capres 2024 berdasarkan dua jenis perintah.

Dia mengatakan, ada dua jenis perintah yang memicu seseorang atau lembaga melakukan survei yakni perintah etis dan perintah finansial.

Terlepas dari dua jenis perintah yang mendorong mereka melakukan survei, Rocky Gerung menegaskan bahwa surveyor harus mengumumkan kepada publik mengenai sumber pendanaan untuk melakukan survei.

"Seseorang melakukan survei cuma atas dua perintah, perintah etis atau perintah finansial. Selama tidak di-declare dari mana uangnya, maka itu artinya dia tidak melakukan secara etis," ujarnya.

Baca Juga: Puan Maharani Dideklarasikan Sebagai Capres 2024, Pakar Politik: Secara Elektabilitas Ganjar Lebih Unggul

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x