Kaleidoskop Peristiwa Sepanjang Tahun 2021 Mulai dari Kecelakaan Pesawat Hingga Erupsinya Gunung Semeru

- 30 Desember 2021, 20:48 WIB
Ilustrasi Kaleidoskop peristiwa sepanjang 2021.
Ilustrasi Kaleidoskop peristiwa sepanjang 2021. /Pexels/(Olya Kobruseva)
KABAR BESUKI - Kaleidoskop peristiwa 2021 memang sulit untuk dilupakan, peristiwa-peristiwa tersebut merupakan sebuah peristiwa alam ataupun peristiwa yang disebabkan oleh manusia selama tahun 2021.
 
Banyak diantaranya harus menelan korban jiwa, merelakan harta bendanya hilang, hingga tempat tinggalnya lenyap.
 
Memang kita tidak akan bisa lupa tentang peristiwa apa yang terjadi selama awal hingga akhir tahun 2021 ini, banyak cerita yang tergambar dalam tahun ini.
 
Sebelum membuka tahun yang baru dengan berbagai hal, lebih baik kita berdoa dahulu berharap tahun baru 2022 nanti lebih bagus dan lebih baik dari tahun 2021 ini.
 
Berikut kaleidoskop peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada awal hingga akhir tahun 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari Berbagai Sumber.
 
1. Pesawat Sriwijaya SJ-182 
 
Awal tahun 2021 kemarin sudah disambut sebuah peristiwa kecelakaan salah satu transportasi udara hingga menewaskan semua orang yang berada di dalam pesawat tersebut.
 
Kecelakaan yang dialami pesawat Sriwijaya SJ-182 yang harus naas tertimpa musibah saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Pontianak pada tanggal 9 Januari 2021 pukul 14.40 WIB. Pesawat tersebut hilang kontak setelah melakukan lepas landas.
 
Sriwijaya SJ-182 hilang kontak di perairan Kepulauan Seribu. Pesawat tersebut mengangkut 50 orang penumpang beserta 12 kru pesawat.
 
2. Gempa di Mamuju dan Majene
 
Peristiwa awalntahun dimulai dengan gempa yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat. Gempa dengan kekuatan 5,9 magnitudo yang terjadi pada hari Kamis, 14 Januari 2021 berhasil memporak-porandakan Mamuju dan Majene.
 
Tak berhenti di situ, Mamuju dan Majene kembali diguncang gempa untuk kedua kalinya yang justru lebih dahsyat dari pada yang pertama.
 
Gempa kedua berkekuatan 6,5 yang terjadi pada 15 Januari 2021 membuat warga panik, hingga membuat kurang lebi 200 rumah mengalami kerusakan hebat.
 
3. Tenggelamnya KRI Nanggala-402 di Laut Bali
 
Setelah kejadian kecelakaan tranportasi udara kini berlanjut dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402. KRI Nanggala sendiri merupakan kapal selam milik TNI angkatan Laut yang sudah sangat terkenal.
 
Sebenarnya kapal selam KRI Nanggala-402 tersebut sedang menjalani sebuah latihan di perairan laut Bali. Latihan penembakan terpedo yang dilakukan oleh kapal tersebut harus berakibat fatal.
 
Sebelum melepaskan terpedo kapal harus menyelam ke dalam laut laut terlebih dahulu, akan tetapi karena terlalu dalam dan tekanan di dalam laut sangat tinggi mengakibatkan kapal milik TNI tersebut harus hancur di dasar laut.
 
4. Kebakaran Lapas di Tangerang
 
Rentetan peristiwa di tahun 2021 tidak berhenti di KRI Nanggala-402 saja, peristiwa masih terus berlanjut. Pada hari Rabu, 8 September 2021 Lapas kelas 1 Tangerang, Banten mengalami kebakaran hebat.
 
Penyebab dari kebakaran tersebut diperkirakan dari hubungan arus pendek listrik yang menciptakan percikan api sehingga bisa membakar seisi lapas. Akibat peristiwa tersebut 49 orang dinyatakan meninggal.
 
5. Erupsi Gunung Semeru
 
Gunung Semeru yang berada dalam perbatasan Lumajang dengan Malang mengalami erupsi dahsyat yang juga melengkapi rentetan peristiwa dalam tahun 2021 ini.
 
Letusan Semeru terjadi pada tanggal 4 Desember 2021, awan panas beserta guguran lava pijar terlihat keluar dari dalam Gunung Semeru.
 
Akibat erupsi yang dialami Gunung Semeru beberapa daerah yang ada di sekitar gunung harus mengungsi karena kejadian tersebut. Bahkan satu kampung harus terkubur oleh abu vulkanis Gunung Semeru.
 
Sebenarnya masih banyak peristiwa yang mengguncang tanah air Indonesia ini. Semoga di tahun yang akan datang tak ada lagi bencana yang melanda Indonesia.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Terkait

Terkini

x