Bivitri Susanti Sebut Tindakan Ubedilah Badrun Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK Sebagai Tugas Akademik

- 19 Januari 2022, 08:21 WIB
Bivitri Susanti Sebut Tindakan Ubedilah Badrun Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK Sebagai Tugas Akademik.
Bivitri Susanti Sebut Tindakan Ubedilah Badrun Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK Sebagai Tugas Akademik. /Instagram.com/@bivitrisusanti

KABAR BESUKI - Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti angkat bicara mengenai laporan Ubedilah Badrun terhadap Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gibran dan Kaesang dilaporkan Ubedilah Badrun ke KPK atas dugaan KKN dan pencucian uang terkait bisnis yang mereka jalankan.

Bivitri Susanti menyebut tindakan Ubedilah Badrun yang melaporkan Gibran dan Kaesang ke KPK sebagai tugas akademik.

Menurut Bivitri Susanti, Ubedilah Badrun telah menjalankan tugas pokoknya sebagai akademisi untuk tetap bersikap kritis terhadap apapun yang layak untuk dikritik.

"Apa yang dilakukan oleh Ubed itu sebenarnya tugas akademik, tugas dari para akademisi untuk bisa lurus bersikap kritis terhadap apapun yang seharusnya dikritik," kata Bivitri Susanti sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 18 Januari 2022.

Baca Juga: Laporkan Gibran dan Kaesang ke KPK, Rocky Gerung Sebut Ubedilah Badrun Pantas Dapat Hadiah Rp200 Juta

Bivitri Susanti menyebut, kebebasan akademik dari para akademisi belakangan ini kerap dikekang dengan berbagai macam cara.

Wanita yang merupakan Wakil Ketua Bidang Akademik dan Penelitian di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera itu mengatakan, sistem perguruan tinggi di Indonesia telah didesain sedemikian rupa agar dosen disibukkan dengan berbagai macam administrasi akademik hingga sertifikasi.

"Kebebasan akademik itu memang begitu dikekang belakangan ini dengan berbagai cara. Misalnya, tentu saja yang pertama-tama adalah bagaimana sistem di Kementerian Pendidikan dengan akreditasi, sertifikat dosen," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x