Telkom University Bandung dan LIPI Ciptakan Robot AUMR Untuk Indonesia

- 4 April 2020, 19:32 WIB
Robot AUMR Pertama di Indonesia
Robot AUMR Pertama di Indonesia /

KABAR BESUKI - Pasien suspect dan positif kasus Virus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Berbagai upaya dilakukan oleh tim medis maupun Pemerintahan Indonesia. Melakukan isolasi pada pasien, melakukan penyemprotan di wilayah-wilayah, hingga melakukan karantina wilayah untuk menekan penyebaran Virus Covid-19 di Indonesia.

Saat tim medis melakukan interaksi pada pasien suspect maupun positif, mereka membuka peluang besar untuk penularan pada tim medis. Untuk mengurangi resiko penularan pada tim medis, diperlukan sebuah metode dan inovasi sebuah alat disinfeksi sterilisasi yang efektif secara jarak jauh.

Berdasarkan hal tersebut, Tim dari Telkom University berhasil membuat sebuah alat inovasi untuk membantu tim medis yaitu Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR). Alat ini akan dimanfaatkan untuk desinfeksi & sterilisasi pada Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19 tanpa campur tangan manusia secara langsung. Dengan begitu dapat meminimalisir penularan Virus Covid-19. Robot ini rencananya akan diujicobakan di Rumah Sakit Pindad Bandung dan Wisma Atlet Jakarta.

Baca Juga: Pemprov Alokasikan APBD Jatim Hingga 2,384 Trilliun Untuk Covid

Rektor Telkom University, Prof. Dr, Adiwijaya mengungkapkan “Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) ini adalah Robot AUMR pertama di Indonesia, sebelumnya, alat yang serupa digunakan di beberapa negara salah satunya di Denmark. Semoga alat ini bermanfaat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia” ucapnya.

AUMR ini dapat beroperasi selama 5 jam, untuk sistem kerja UVC nya akan berlangsung sekitar 1 jam. Robot ini bisa melakukan pengontrolan dalam beberapa mode, baik menggunakan remote control, autonomous control mode dengan melakukan line tracking atau laser range navigation. Sensor ultrasonic pada AUMR ini sudah dilengkapi karena untuk menghindari tabrakan pada benda yang berada di sekitarnya.

Kolaborasi Tim Telkom University x LIPI
Kolaborasi Tim Telkom University x LIPI

Untuk biaya riset dan pengembangan, Robot AUMR ini menghabiskan dana sekitar Rp. 250.000.000. Jika dibandingkan dengan robot AUMR dari luar negeri yang harganya mencapai $80.000-$90.000, robot AUMR ini masih sangat terjangkau. Robot AUMR ini dihasilkan oleh kolaborasi dari Telkom University dan Lipi, dan berikut tim peneliti yang berkontribusi dalam pembuatan Robot AUMR:

1. Angga Rusdinar, S.T., M.T., Ph.D (Dosen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom, Bandung Indonesia)

Halaman:

Editor: Nadya Ayu R Jannah


Tags

Terkini

x