Hari Perayaan JUMAT AGUNG, Makna Tersendiri Untuk Umat Kristiani

- 10 April 2020, 19:12 WIB
Peringatan Jumat Agung
Peringatan Jumat Agung /

 

KABAR BESUKI - Hari ini, 10 April 2020 bertepatan dengan peringatan hari besar Umat Kristiani. Jumat Agung merupakan hari jumat sebelum Minggu Paskah, hari peringatan Penyaliban Yesus Kristus dan wafatNya di Golgota.

Dalam pekan Tri Suci, ada tiga hari penting, yakni Kamis Putih atau hari yang memperingati perjamuan malam terakhir Yesus bersama dua belas rasulnya. Lalu, Jumat Agung sebagai hari peringatan saat peristiwa wafatnya Yesus di Kayu Salib. Kemudia, Hari Paskah yang dilaksanakan sebagai peringatan kebangkitan Yesus.

 

Selain melaksanakan perjamuan di Gereja, umat Kristen yang sudah cukup umur juga diwajibkan untuk menjalankan ibadah pantang dan puasa sebagai tanda pertobatan, mengurangi keserakahan duniawi, dan mengorbankan kesenangan, serta keuntungan sesaat.

Umat Kristiani memiliki makna tersendiri tentang perayaan Jumat Agung. Kejadian Yesus menyerahkan nyawa kepada Bapa di Surga dianggap sebagai bentuk pengorbanan dan belas kasihNya kepada umat manusia dilakukan sebagai penebusan dosa-dosa yang dilakukan oleh seluruh umatNya. Sifat penolong dan pemaaf menjadi cerminan dan pegangan untuk umatNya.

Manusia diingatkan oleh Yesus bahwa mereka makhluk yang mempunyai banyak kelemahan sehingga tidak ada satu makhluk yang luput dari dosa dan kesalahan.

Lewat pengorbananNya, Yesus mengajarkan kepada manusia untuk selalu melakukan perbuatan yang baik kepada siapapun termasuk kepada orang yang pernah menyakiti.

 

Selamat Memperingati Hari Jumat Agung. Tuhan Memberkati Semesta.

Editor: Nadya Ayu R Jannah


Tags

Terkini

x