Ustadz Fahmi Salim Kecam Wacana Haji via Metaverse dengan Alasan Pandemi: Terlalu Naif dan Mengada-ada

- 11 Februari 2022, 08:01 WIB
Ustadz Fahmi Salim Kecam Wacana Haji via Metaverse dengan Alasan Pandemi: Terlalu Naif dan Mengada-ada.
Ustadz Fahmi Salim Kecam Wacana Haji via Metaverse dengan Alasan Pandemi: Terlalu Naif dan Mengada-ada. /Tangkap Layar YouTube.com/Hersubeno Point

KABAR BESUKI - Penceramah Ustadz Fahmi Salim mengecam wacana pelaksanaan haji via metaverse dengan alasan pandemi sebagaimana rumor yang beredar saat ini.

Ustadz Fahmi Salim menyebut alasan pandemi untuk merubah cara pelaksanaan haji dengan menggunakan metaverse terlalu naif dan mengada-ada.

Ustadz Fahmi Salim menegaskan bahwa segala bentuk peribadatan umat Islam termasuk haji telah memiliki ketentuan yang sudah ditetapkan oleh syariat Islam.

"Alasan pandemi saya kira terlalu naif dan mengada-ada untuk menggantikan tata cara ibadah yang sudah diatur secara phisically, kemudian tata cara zikirnya, waktunya, tempatnya, seperti itu," kata Ustadz Fahmi Salim sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Hersubeno Point pada Jumat, 11 Februari 2022.

Baca Juga: Heboh Isu Haji via Metaverse, Bagaimana Islam Memandang? Begini Penjelasan Ustadz Fahmi Salim

Ustadz Fahmi Salim juga menegaskan bahwa ibadah sholat juga tak dapat dilaksanakan via metaverse.

Dia pun mencontohkan ketika seseorang melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Istiqlal secara virtual via metaverse.

Dia menyebut, melalui metaverse seseorang seolah-olah dapat melaksanakan ibadah di masjid namun realitanya justru sedang berada di rumah.

"Sholat saja tidak bisa digantikan dengan sholat di metaverse, misalnya kita Sholat Jumat di Istiqlal tapi kita nggak keluar dari rumah. Kemudian kita buat seolah-olah kita berada ke Masjid Istiqlal, kita pasang sajadah di situ padahal kita di rumah," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Hersubeno Point


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x