Ulama NTB Tolak Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika, Rocky Gerung: Kepekaan Terhadap Local Wisdom Itu Nggak Ada

- 2 Maret 2022, 09:30 WIB
Ulama NTB Tolak Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika, Rocky Gerung: Kepekaan Terhadap Local Wisdom Itu Nggak Ada.
Ulama NTB Tolak Patung Jokowi di Sirkuit Mandalika, Rocky Gerung: Kepekaan Terhadap Local Wisdom Itu Nggak Ada. /I Nyoman Nuarta/Instagram.com/@nyoman_nuarta

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyoroti sikap ulama Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menolak pemasangan patung Jokowi di Sirkuit Mandalika jelang seri MotoGP Mandalika 2022.

Rocky Gerung menyebut ulama NTB menolak patung Jokowi di Sirkuit Mandalika dan menganggap pemerintah tak punya kepekaan pada local wisdom.

Rocky Gerung menilai bahwa Jokowi seharusnya menyadari kehidupan religius yang telah lama mengakar di kalangan masyarakat dan ulama NTB, sehingga tak perlu memaksakan agar patung Jokowi terpajang di pintu gerbang Sirkuit Mandalika.

"Kepekaan terhadap local wisdom itu nggak ada. Kan mestinya tahu bahwa kehidupan religius di situ sangat kuat," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Rabu, 2 Maret 2022.

Baca Juga: PROFIL BIODATA Aleix Espargaro Lengkap, Pembalap Spanyol yang Ngamuk dengan Kondisi Sirkuit Mandalika

Tak hanya menyoroti budaya religius masyarakat NTB, Rocky Gerung juga menyebut bahwa penonton internasional tak tertarik untuk melihat patung Jokowi yang rencananya akan dipasang di pintu gerbang Sirkuit Mandalika.

Mantan pengajar dan alumni Universitas Indonesia (UI) itu mengungkapkan, penonton internasional hanya ingin menyaksikan aksi para rider berlaga di ajang MotoGP Mandalika 2022.

"Juga bagi penonton internasional, dia nggak mau lihat boneka naik motor, dia mau lihat pembalap di situ," ujarnya.

Baca Juga: Marc Marquez Disambut Meriah Netizen Saat Tiba di Lombok Jelang Tes Pramusim MotoGP 2022 di Mandalika

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x