Sebanyak 74 Desa di Bondowoso Belum Cairkan BLT-DD Tahap Pertama

- 27 Mei 2020, 20:09 WIB
Penyaluran BLT DD di Bondowoso
Penyaluran BLT DD di Bondowoso /

KABAR BESUKI - Sebanyak 74 desa dari total 209 desa di Kabupaten Bondowoso, belum mencairkan anggaran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama.

Data yang dihimpun, ada 5 kecamatan yang semua desanya belum menyalurkan BLT DD. Yakni Kecamatan Grujugan 11 Desa, Tegalampel 7 desa, Cermee 15 desa, Binakal 8 desa dan Jambesari DS 9 desa.

Sementara 24 desa yang belum mencairkan, tersebar di beberapa kecamatan, yang pencairannya belum 100 persen.

Baca Juga: Sebanyak 35 Rumah Warga Pesisir Pantai Grajagan Terdampak Banjir Rob

Pic BLT DD Kabupaten Bondowoso, Abdul Gafur Bakri mengatakan, 74 desa tersebut belum menyalurkan BLT DD, disebabkan beberapa hal.

” Sebagian desa belum melaksanakan Musdes khusus, validasi data calon penerima pemanfaat sangat dinamis,dari Kemensos,” katanya Rabu (27/5/2020).

Untuk menghidari double accounting, ada yang merombak total daftar calon penerima manfaat BLT-DD. Serta ada pula yang merombak sebagian.

Selain itu, lanjut dia, masalah yang hampir menyeluruh adalah realisasi DD Tahap I sudah salur sejak semester pertama tahun anggaran 2020.

“Sehingga di kebanyakan desa sudah terealisasi semuanya, praktis desa-desa tersebut masih menunggu pencairan DD Tahap II dari Rekening Kas Umum Negara melalui KPPN untuk salurkan BLT DD tahap pertama,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

x