Seorang Perangkat Desa Dapat BST Pilih Serahkan Kepada Warga Layak

- 28 Mei 2020, 18:37 WIB
/

KABAR BESUKI - Sikap seorang perangkat desa Klekean kecamatan Botolinggo, Bondowoso, layak diacungi jempol. Irwan (24 th) ia pilih menyerahkan bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga melalui pemerintah desa setempat. Alasannya, masih banyak warga yang lebih layak menerima.

Irwan menjelaskan, awalnya mendapat undangan dari ketua RT untuk mengambil BST di balai desa sempol prajekan, Jumat (22/5).

Baca Juga: F-PKB Bondowoso Minta Pemkab Perlu Siapkan Recovery Untuk Pesantren

“Nama saya tercatat mendapat bantuan sosial tunai ( BST ), sebesar Rp. 600.000 ( enam ratus ribu rupiah ) dari kementrian sosial. Saya berinisiatif menerima bantuan tersebut dan menyerahkan kepada warga yang lebih layak menerima,” terang Irwan saat ditemui di rumahnya, Kamis (28/5).

Niatan ini dikonsultasikan ke Kades Klekean, tetapi disarankan mengambilnya terlebih dahulu. Sebab jika tidak diambil, dianggap mengundurkan diri. Sehingga bantuan yang seharusnya diterima, langsung dikembalikan ke pusat (Kemensos).

Irwan pun memutuskan mengambil, dengan harapan bisa diberikan kepada warga yang membutuhkan dengan di fasilitasi oleh pemerintah desa Klekean Kecamatan. Botolinggo.

“Dengan sukarela saya serahkan bantuan ke orang yang lebih berhak menerima yaitu Buk Sawi, Pak Sinarmu dan Pak Tamu ketiganya warga Dusun Krajan Desa Klekean. Masing-masing diberikan uang sebesar Rp. 200.000,”paparnya.

Baca Juga: Soal New Normal, Bupati Banyuwangi Minta Masukan Tenaga Medis

Sementara Kepala Desa Klekean Sulatis membenarkan warganya mengalihkan BST, Irwan kebetulan ia seorang perangkat desa. Namanya tercatat menerima BST kemudian ia berinisiatif menyerahkan bantuan tersebut kepada 3 orang warga dusun Krajan desa Klekean, yaitu Buk Sami, Pak Sinarmu dan Pak Tamu, Masing-masing mendapat Rp. 200.000.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x