Satu ABK Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk Positif Covid-19

- 29 Mei 2020, 07:43 WIB
Dr Rio
Dr Rio /

KABAR BESUKI -  Pasien terkonfirmasi covid-19 bertambah, seorang Anak Buah Kapal (ABK) penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, Bali menjadi pasien 08 yang terkonfirmasi positif corona di Banyuwangi.

Juru Bicara Gugus tugas covid-19 Banyuwangi, dr.Widji Lestariono mengatakan,pasien positif covid-19 ke delapan ini merupakan pria berusia 25 tahun warga Kecamatan Tegaldlimo yang selama ini bekerja disalah satu armada penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Dan kronologisnya, pada tanggal 10 Mei 2020 lalu, pasien 08 mengalami demam, batuk disertai turunnya nafsu makan sehingga di bawa ke Rumah Sakit Fatimah, setelah dilakukan rapid tes hasilnya menunjukan reaktif dan ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Baca Juga: Pemkot Kediri Terbitkan Peraturan Pengendalian Hiburan dan Perdagangan

“ Setelah dilakukan pemeriksaan swab, hasilnya dinyatakan positif, saat ini yang bersangkutan proses untuk dibawa ke Rumah Sakit rujukan untuk pengawasan lebih lanjut, sebelumnya yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari Puskesmas, kondisinya baik , “ ucap dr.Rio panggilan akrab Widji Lestariono saat dikonfirmasi Awak Media, Kamis (28/05/2020).

Untuk mencegah penyebaran, ucap dr.Rio, pihaknya melakukan tracing kepada kontak erat pasien 08 baik kepada rekan kerja maupun keluarganya. “ Tracing kepada kontak erat pasien 08 kami lakukan,  kepada rekannya ditempat kerja, hasilnya non-reaktif dan untuk keluarganya masih dalam proses rapid tes , “ ungkap dr.Rio.

Baca Juga: Awas, Jalur Pantura Probolinggo-Surabaya Terendam Luapan Sungai

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi ini mewanti-wanti masyarakat agar terus mematuhi protokol kesehatan. Gunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan mengunakan sabun setiap dua jam, jaga jarak, hindari keramaian dan mengkonsumsi makanan bergizi serta berolaraga.

“ Untuk sementara di masa pandemi corona, warga kami minta untuk menunda perjalanan luar kota, “ pinta dr.Rio.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x