Gubernur Jatim : Lindungi Para Lansia dari Resiko Terpapar Virus Covid

- 29 Mei 2020, 19:57 WIB
Gubernur Khofifah Bersama Lansia
Gubernur Khofifah Bersama Lansia /

KABAR BESUKI - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat memperhatian warga lanjut usia. Mereka termasuk kelompok yang rentan terhadap penularan Covid-19. Khususnya, perhatian kesehatan fisik dan mental kelompok lansia.

“Di Hari Peringatan Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga dan melindungi para lansia dari risiko terpapar virus. Yang muda harus turut membantu mengedukasi mereka bagaimana menghadapi Covid-19,”ungkap Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumát (29/5).

Baca Juga: Berdiri di Desa Tegaldlimo,Satu Lagi Kampung Tangguh Semeru 2020

Khofifah mengatakan, warga lansia harus  lebih waspada, terlebih mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti penyakit autoimun, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung. Apabila tertular Covid-19, lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius.

Selain asupan gizi yang sehat dan berimbang, Lansia lanjut Khofifah juga perlu menghindari stres karena dapat menurunkan imunitas tubuh, memacu adrenalin, meningkatkan tekanan darah dan gula darah. Serta melakukan istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya.

“Nah yang muda, jangan sampai justru menjadi carier buat mereka para lansia. Poinnya adalah saling menjaga. Tidak lupa, beri mereka dukungan untuk melewati masa sulit pandemi ini. Temani dan ajak ngobrol mereka agar tidak merasa kesepian,”imbuhnya.

Baca Juga: Ancam Keselamatan Nelayan,Cuaca Ekstrim di Pantai Selatan Banyuwangi

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga berpesan kepada generasi muda untuk menghormati orang tua. Pun dengan orangtua untuk menyanyangi yang muda. Menurut Khofifah, jika hal ini terlaksana dengan baik maka kehidupan menjadi harmonis saling menghormati dan menghargai.***

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x