Sekdaprov Jatim: Pasar Oro-Oro Dowo Malang Percontohan New Normal

- 31 Mei 2020, 21:16 WIB
Sekdaprov Jatim memakaikan face shield kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Oro-oro Dowo Malang.
Sekdaprov Jatim memakaikan face shield kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Oro-oro Dowo Malang. /

KABAR BESUKI - Memasuki masa transisi pasca PSBB di Malang Raya berakhir 30 Mei 2020. Pemprov Jatim bersama Pemkab/Pemkot, yakni Kab. Malang, Kota Malang dan Kota Batu melibatkan para akademisi telah menyiapkan skema transisi menuju new normal life di tengah pandemi covid-19.

Salah satu pasar yang menjadi percontohan penyiapan transisi tersebut berada di Pasar Oro-Oro Dowo (OOD) Malang. Pasar sepanjang Jalan Guntur, Kota Malang ini telah menerapkan sistem ganjil genap dengan menggunakan face shield dan masker.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono  menyampaikan, pasar tersebut dinilai sangat bersih. Bahkan menurutnya sudah diatur ganjil genap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Pasien Positif Covid Bondowoso Tambah 3 Orang,Asal dari Cluster Gowa

“Fasilitas pun disiapkan untuk menunjang persiapan transisi menuju new normal. Diantaranya tempat cuci tangan, face shield, masker dan sarung tangan plastik untuk para pedagang,” ujar Heru Tjahjono saat mengunjungi Pasar OOD, Kota Malang, Minggu (31/5) pagi.

Dalam kunjungannya ke Malang, lanjut Heru, Pemprov Jatim membagikan masker 1.000 buah, sarung tangan plastik 2.000 buah, hand sanitazer 350 botol, face shield/plastik 500 buah, sabun cair 5 liter, dan wastafel 4 unit. Bantuan tersebut diserahkan untuk pasar OOD dan Pasar Klojen.

Terkait new normal, Heru menjelaskan, berdasarkan pelaksanaan PSBB pertama di Malang Raya dirinya menilai lebih siap. Arahan Gubernur Jatim, sebut Heru, akan dilakukan rapat dengan persiapan dengan mempertimbangkan beberapa aspek menuju new normal.

Diantaranya, pertama, aspek pengendalian perkembangan covid-19 bisa terkontrol. Kedua, melindungi individu-individu yang rawan seperti para lansia dan yang memiliki penyakit bawaan (komorbit). Ketiga, kesiapan fasilitas medis maupun isolasi mandiri.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x