Ajang MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika Menelan Biaya Triliunan Pakai APBN, Sri Mulyani: 25 Tahun Meninggu

- 20 Maret 2022, 14:00 WIB
Ajang MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika Menelan Biaya Triliunan Pakai APBN, Sri Mulyani: 25 Tahun Meninggu
Ajang MotoGP 2022 Sirkuit Mandalika Menelan Biaya Triliunan Pakai APBN, Sri Mulyani: 25 Tahun Meninggu /Tangkapan Layar/YouTube/MOTOGP TRANS7 OFFICIAL

KABAR BESUKI – Ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika yang telah menelan biaya triliunan disebut-sebut pakai uang dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk mendukung acara tersebut, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar 1,3 triliun kepada PT Indonesia Tourism Development (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah mengucurkan dana dari APBN melalui anggaran kementerian dan lembaga (K/L).

Baca Juga: Netizen Soroti Kursi Penonton MotoGP Mandalika Sepi dan Banyak yang Kosong: Tiket Mahal, Nonton di Tv Saja

Kemudian Sri Mulyani mengatakan selain alokasi PMN untuk BUMN, APBN juga digunakan di Mandalika melalui anggaran kementerian dan lembaga sebesar 1,18 triliun.

Kemudian, insentif PPN untuk jasa kena pajak sebesar Rs 240,73 miliar, dan bea masuk dan pajak impor sebesar 10,41 miliar.

Sri Mulyani mengatakan Indonesia bangga bisa menjadi tuan rumah MotoGP setelah 25 tahun penantian.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Crash Sepanjang Rangkaian MotoGP Mandalika 2022, Ini 3 Fakta Tentang Marc Marquez

“25 tahun menunggu, Indonesia kembali menjadi tuan rumah rangkaian balap MotoGP. Bangga! Uangkita turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar ini antara lain melalui PMN dan dukungan kepada K/L terkait, insentif PPN dan insentif bea masuk dan pajak impor. Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini. Berkat terselenggaranya acara ini pula, kegiatan perekonomian penduduk sekitar turut berkembang. Bahkan para pembalap ikut memeriahkan acara dengan menggunakan atribut khas Indonesia, seperti topi caping. Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara,” tulis Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Instagram @smindrawati


Tags

Terkait

Terkini

x