Jokowi Akan Salurkan BLT Minyak Goreng Kepada Masyarakat, Ini Nominal Bantuan yang Diterima

- 5 April 2022, 14:14 WIB
Pernyataan Presiden Jokowi terkait pemberian BLT minyak goreng.
Pernyataan Presiden Jokowi terkait pemberian BLT minyak goreng. /Tangkapan layar/YouTube/Sekretariat Presiden/
KABAR BESUKI - Mahalnya harga minyak goreng saat ini membuat pemerintah berfikir keras, namun solusi muncul dengan memberi BLT kepada masyarakat.
 
Pengumuman pemberian BLT tersebut langsung disampaikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi.
 
Ada beberapa kriteria masyarakat yang akan mendapatkan BLT minyak goreng ini, bukan semua masyarakat namun ada kalangan atau masyarakat yang dipilih untuk menerimanya.
 
Masyarakat yang dikategorika sebagai penerima BLT minyak goreng adalah yang masuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).
 
Sementara itu, untuk penjual gorengan atau pedagang kaki lima yang menjajakan gorengan juga akan menerima BLT minyak goreng ini.
 
Penerima BLT minyak goreng menyasar pada 2,5 juta PKL yang berjualan gorengan.
 
"Bantuan itu akan diberikan kepada 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar BPNT dan PKH. Serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan," seperti dilansir Kabar Besuki dari laman YouTube Sekretariat Presiden.
 
BLT minyak goreng merupakan salah satu langkah nyata kepedulian pemerintah terhadap hidup masyarakat yang memang di bawah gari kemiskinan.
 
Dalam rencananya, pemerintah akan menurunkan BLT tersebut pada bulan April 2022 ini.
 
Akan tetapi bantuan yang akan diberikan pemerintah kali ini nilainya tidak sebanding dengan yang dahulu.
 
Pemberian BLT minyak goreng ini akan diberikan setiap satu bulan sekali dengan nominal sebesar Rp100.000.
 
"Adapun bantuan yang diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya," tambahnya.
 
Bantuan BLT tersebut akan dibagikan selama 3 bulan sekaligus, yakni pada bulan April, Mei, Juni 2022, dengan total Rp300.000.
 
"Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300 ribu," kata Presiden Jokowi.
 
Selain itu, Jokowi juga meminta lembaga dan kementerian terkait untuk mensukseskan BLT yang diberikan oleh pemerintah ini.
 
Jokowi dengan secara langsung meminta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri untuk berkolaborasi mensukseskan program yang digalakan oleh pemerintah.
 
"Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar," ungkapnya.
 
Seperti diketahui bersama bahwa harga minyak goreng pada hari ini sangat tinggi, dibeberapa daerah bahkan mencapai Rp25.000 per liternya.
 
Harga tersebut berbanding sangat jauh pada tahun lalu yang masih Rp12.000 sampai Rp15.000 perliternya.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x