Nadiem Makarim Tolak Bahasa Melayu Jadi Bahasa ASEAN: Sudah Selayaknya Bahasa Indonesia di Posisi Terdepan

- 5 April 2022, 17:40 WIB
Nadiem Makarim menolak bahasa melayu jadi bahasa ASEAN/tangkapan layar Instagram @nadiemmakarim
Nadiem Makarim menolak bahasa melayu jadi bahasa ASEAN/tangkapan layar Instagram @nadiemmakarim /

KABAR BESUKI - Menanggapi pernyataan Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Ismail Sabri Yaakob pada kunjungannya ke Indonesia, terkait memperkuat bahasa Melayu sebagai bahasa perantara antara kedua kepala negara, serta sebagai bahasa resmi ASEAN.

Berbicara bersama Bapak Widodo dalam konferensi pers bersama selama kunjungan kerjanya ke Jakarta, pemimpin Malaysia itu mengatakan: "Kami setuju untuk mengusulkan untuk memperkuat bahasa Melayu, sehingga suatu hari nanti dapat menjadi bahasa ASEAN." Pak Widodo terlihat mengangguk.

“Saya yakin apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat bagi rakyat kedua negara dan saya yakin kita akan mempererat hubungan persaudaraan yang erat antara Malaysia dan Indonesia,” kata Ismail Sabri di Istana Merdeka.

Bulan lalu, Ismail Sabri mengatakan Malaysia akan berdiskusi dengan para pemimpin regional untuk menjadikan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua ASEAN.

Baca Juga: Lonjakan Baru COVID-19 Tanpa Gejala, Shanghai Perketat Lockdown

Ia mengemukakan, selain Malaysia, bahasa Melayu sudah digunakan di beberapa negara ASEAN seperti Indonesia, Brunei, Singapura, Thailand Selatan, Filipina Selatan, dan sebagian Kamboja.

Ada juga populasi kecil penutur bahasa Melayu di Laos, katanya kemudian.

“Makanya di seluruh ASEAN ada orang yang bisa berbahasa Melayu. Oleh karena itu tidak ada alasan mengapa kami tidak dapat menjadikan bahasa Melayu sebagai salah satu bahasa resmi ASEAN," kata Ismail Sabri.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyatakan bahwa hal tersebut perlu kajian dan pembahasan lebih lanjut. Menurutnya Bahasa Indonesia lebih layak dipertimbangkan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: kemdikbud


Tags

Terkait

Terkini

x