Penjualan Netflix Melonjak 52 Persen di Korea Selatan Berkat Squid Game dan Hellbound

- 16 April 2022, 10:17 WIB
Penjualan Netflix melonjak tetapi margin pembuat konten tetap sedikit di Korea Selatan.
Penjualan Netflix melonjak tetapi margin pembuat konten tetap sedikit di Korea Selatan. /pexels.com/Johnmark Smith/

KABAR BESUKI - Perusahaan Netflix Korea Selatan meraup pendapatan 631,7 miliar won ($513 juta) hingga tahun 2021, naik 52 persen dari tahun sebelumnya, sebuah laporan menunjukkan pada hari Jumat, 15 April 2022.

Kinerja blockbuster platform di Korea mencerminkan pengaruhnya yang meningkat atas pasar layanan streaming di sini, sebagian besar berkat film hits berbahasa Korea seperti “Squid Game” dan “Hellbound.” Namun itu juga menyoroti perdebatan "biaya penggunaan jaringan" di pengadilan dan parlemen Korea.

Menurut pengajuan dengan Layanan Pengawas Keuangan, lebih dari 99 persen pendapatan Netflix Services Korea berasal dari biaya berlangganan bulanan tidak termasuk pajak pertambahan nilai.

Margin keuntungan penyedia konten, bagaimanapun, tetap sedikit karena sebagian besar pendapatan diberikan kepada induknya dalam bentuk biaya distribusi. Pembayaran tersebut berjumlah 516,6 miliar won, mengambil hampir semua harga pokok penjualan, menurut dokumen tersebut. Angka 2021 naik lebih dari 60 persen secara tahunan.

Baca Juga: Resep Gorengan Bakwan Sayur Crispy Lengkap dengan Bumbu Kacang, Cocok untuk Takjil Buka Puasa

Hasilnya, laba operasional Neflix di Korea mencapai 17,1 miliar won. Laba naik hampir 95 persen dari tahun sebelumnya, dan menyumbang dua persen dari pendapatan.

Tahun spanduk untuk Netflix datang saat menghadapi pertempuran hukum yang sedang berlangsung dengan penyedia layanan internet lokal SK Broadband mengenai apakah layanan streaming yang bertanggung jawab atas lalu lintas jaringan yang padat harus menanggung biaya penggunaan.

Pada Juni 2021, pengadilan distrik di Korea memberi SK Broadband keunggulan, dalam putusan pertama di dunia tentang pihak mana yang bertanggung jawab atas lonjakan biaya yang berasal dari kemacetan jaringan. Pengadilan Tinggi Seoul memulai sidang banding atas kasus Broadband Netflix-SK pada bulan Maret.

Selain itu, Majelis Nasional juga dapat memberlakukan undang-undang yang memaksa penyedia konten global seperti Google, Netflix, dan Meta untuk membayar lalu lintas jaringan yang padat yang mereka buat. Sebuah studi pemerintah pada tahun 2020 menunjukkan bahwa tiga raksasa internet global bertanggung jawab atas sepertiga dari total lalu lintas jaringan di Korea. Revisi itu, jika disahkan, akan menjadi undang-undang semacam itu pertama di dunia.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Korea Herald


Tags

Terkait

Terkini

x