Kemenag Gelar Rukyatul Hilal di 99 Titik Lokasi Menjelang Isbat Awal Syawal 1443 H

- 19 April 2022, 11:33 WIB
Isbat Awal Syawal 1443 H, kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal di 99 Titik
Isbat Awal Syawal 1443 H, kemenag akan Gelar Rukyatul Hilal di 99 Titik / @kotamanado /Instagram

KABAR BESUKI – Pergelaran sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 H pada Ahad, 1 Mei 2022, akan Kementerian Agama (Kemenag) lakukan di Auditorium HM Rasjidi.

Sidang isbat ini akan didahului dengan seminar Pemaparan Posisi Hilal terlebih dahulu. Dan rencananya akan disampaikan oleh Tim Unifikasi Kalender Kemenag.

“Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia. Rukyatul hilal tersebut akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerjasama dengan Peradilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lainnya,” Ujar Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN PT Surabaya Industrial Estate Rungkut Persero, Berikut Persyaratannya!

Menurutnya, sidang isbat berdasarkan pertimbangan dari perhitungan secara hisab dan hasil konfirmasi lapangan melalui rukyatul hilal. Semua sistem sepakat untuk ijtimak menjelang 1 Syawal, yaitu jatuh pada hari Ahad 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1443 H.

“Pada hari rukyat, 29 Ramadhan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah diatas ufuk dan diatas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu diatas 3 derajat,” Jelasnya di Jakarta Senin 18 April 2022.

Kemenag juga melanjutkan, untuk hasil rukyatul hilal akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat Awal Syawal 1443 H.

Sidang isbat ini akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, MUI, MA, BMKG, BIG, Bosscha ITB, Pakar Falak dari Ormas Islam, Planetarium, Lembaga dan Instansi Terkait.

Baca Juga: Lowongan Kerja Trans TV April 2022: Account Executive, Creative, IT Infrastructure, dan Production Assistant

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Kemenag


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x