Gletser Satu-Satunya di Indonesia Akan Segera Mencair Tahun 2025? Ini Kata BMKG

- 22 April 2022, 14:23 WIB
 Gletser satu-satunya di Indonesia yang terletak di pegunungan Jayawijaya Papua diprediksi akan segera mencair dalam waktu cepat.
Gletser satu-satunya di Indonesia yang terletak di pegunungan Jayawijaya Papua diprediksi akan segera mencair dalam waktu cepat. /Twitter/@NusaIndah20./

KABAR BESUKI – Gletser satu-satunya di Indonesia yang terletak di pegunungan Jayawijaya Papua diprediksi akan segera mencair dalam waktu cepat, yaitu tahun 2025.

Diketahui, gletser satu-satunya di Indonesia tersebut akan segera mencair tahun 2025 disebabkan oleh perubahan iklim pada era ini. Setelah ada selama sekitar 5.000 tahun, gletser per hari dihitung karena penelitian menunjukkan bahwa itu mencair dan hanya tersisa sedikit.

“Tahun ketika gletser akan hilang adalah antara 2025 hingga 2027,” kata Donaldi Permana, koordinator penelitian dan pengembangan iklim di badan meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG) sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari CNA. 

Pemanasan global diyakini juga sebagai penyebab utama mencairnya gletser. 

Permana mengatakan hal ini telah terjadi sejak revolusi industri pada tahun 1850 ketika negara-negara maju bergeser dari ekonomi agraris ke ekonomi yang didominasi oleh industri yang melepaskan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan suhu lebih hangat.

Baca Juga: Marshel Widianto Nangis Merasa Terpojokkan Gegara Beli Konten Dea Onlyfans: Gue Kan Gak Korupsi, Gak Nyolong

“Tapi kami baru tahu setelah tahun 1990-an, bahwa gletser di Indonesia mencair,” katanya.  

Gunung Jayawijaya terletak di Taman Nasional Lorentz dengan ketinggian 4.884 mdpl, merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan beberapa orang juga menyebutnya sebagai Carstensz Pyramid, karena gunung ini memiliki beberapa puncak dengan nama yang berbeda.

“Gletser tropis lainnya di Amerika Selatan dan Afrika juga mencair,” ungkap Permana.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x