Gunung Berapi Anak Krakatau Meletus Hari Ini, Hingga Keluarkan ‘Menara’ Awan Abu Vulkanik

- 24 April 2022, 21:12 WIB
Gunung berapi Anak Krakatau meletus/Pixabay/SEI
Gunung berapi Anak Krakatau meletus/Pixabay/SEI /

KABAR BESUKI  – Gunung berapi Anak Krakatau yang terkenal di Indonesia meletus pada Minggu, 24 April, hingga keluarkan awan abu vulkanik yang menjulang setinggi sekitar 3.000 m ke langit.

Gunung berapi Anak Krakatau, menyemburkan abu tebal di atas selat yang memisahkan pulau Jawa dan Sumatera, mendesak pihak berwenang untuk memperingatkan warga sekitar untuk memakai masker selama berada di luar.

“Kami masih merekam letusan gunung berapi Anak Krakatau, terus menerus dengan awan tebal yang menjulang antara 500 hingga 3.000 meter dari puncaknya," kata Deny Mardiono dari Badan Geologi Indonesia kepada AFP sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari CNA.

Gunung berapi Anak Krakatau telah meletus setidaknya 21 kali dalam beberapa pekan terakhir, tetapi letusan hari ini, tepatnya hari Minggu, merupakan yang terbesar, menurut Mardiono.

Baca Juga: Johnny Depp vs Amber Heard Saling Mengungkapkan Bukti Pesan KDRT Masa Lalu di Pengadilan Pencemaran Nama Baik

Pihak berwenang memerintahkan masyarakat sekitar untuk menjauh dari zona eksklusi 2 km di sekitar gunung berapi, yang saat ini berada di tingkat dua dari sistem peringatan gunung berapi empat tingkat Indonesia.

"Masyarakat, termasuk wisatawan, harus mematuhi himbauan dari Badan Geologi, yang melarang siapapun berada dalam radius 2 km dari kawah," tambahnya.

Gunung berapi ini aktif secara sporadis sejak muncul dari laut pada awal abad lalu di kaldera yang terbentuk setelah letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Bencana itu menjadi salah satu yang paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah dengan perkiraan 35.000 orang tewas.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x