Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Jatuh Pada 2 Mei 2022, Wamenag: Insya Allah ya

- 26 April 2022, 09:17 WIB
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri 2022 diperkirakan akan jatuh pada 2 Mei 2022 /Pixabay.com/PDGJ
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri 2022 diperkirakan akan jatuh pada 2 Mei 2022 /Pixabay.com/PDGJ /

KABAR BESUKI – Hari Raya Idul Fitri 2022 diperkirakan akan jatuh pada 2 Mei 2022. Kementerian Agama (Kemenag) menilai secara hisab posisi hilal saat sidang isbat  1 Syawal 1443 H sudah bisa terlihat.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi memprediksi bahwa tahun seluruh umat Islam di Indonesia diperkirakan akan merayakan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idul Fitri di hari yang sama.

Pasalnya, pada penetapan awal Ramadan tahun ini, terdapat perbedaan hari antara pemerintah dengan PP Muhammadiyah.

Wamenag mengatakan bahwa saat ini titik koordinat hilal sudah terlihat dan berada di posisi 3 derajat di pengamatan awal.

Baca Juga: Sebut Advokat Peradi Tidak Sah Beracara di Pengadilan, Hotman Paris Disomasi Organisasi Advokat Muda

Dari pengamatan awal tersebut, Wamenag memperkirakan bahwa Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh pada tanggal yang sama dengan Muhammadiyah, yakni 2 Mei 2022.

“Insya Allah ya mudah-mudahan lebaran kali ini bisa bersama-sama,” kata Zainut selaku Wamenag seperti dikutip Kabar Besuki dari Youtube Metrotv pada 26 April 2022.

“Kalau melihat ukuran hilal posisi hilal sudah diatas 3 derajat, itu memungkinkan bisa dirukyat, mudah-mudahan lebaran kali ini kita bisa bersama-sama dengan seluruh umat Islam,” imbuhnya.

Wamenag juga menjelaskan bahwa penetapan 1 Syawal yang dilakukan melalui sidang isbat oleh Kemenag merupakan bentuk panduan bagi masyarakat.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Metro TV ANTARA


Tags

Terkait

Terkini