Jokowi Undang Putin ke KTT G20, Amerika Serikat: Rusia Tidak harus Menjadi Bagian KTT G20

- 30 April 2022, 15:05 WIB
Jokowi mengundang Putin untuk hadiri KTT G20
Jokowi mengundang Putin untuk hadiri KTT G20 /Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden/

KABAR BESUKI - Jumat, 29 April 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, Indonesia menghadapi oposisi Amerika Serikat dan mengundang Vladimir Putin  selaku Presiden Rusia ke KTT Kelompok Dua Puluh (G20) pada November mendatang, serta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Jakarta, Indonesia yang memegang kursi kepresidenan G20 tahun ini, telah berada di bawah tekanan berat dari Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, agar mengecualikan Rusia setelah invasinya ke Ukraina, tetapi hal tersebut harus tetap "tidak memihak".

“Saya telah mengundang Presiden Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20,” kata Jokowi, menunjukkan bahwa kompromi telah dicapai menyusul tekanan dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan lainnya untuk memungkinkan partisipasi Ukraina.

Baca Juga: Jokowi Ingin Damaikan Rusia dan Ukraina di KTT G20, Rocky Gerung Minta Presiden Sadar Diri

Putin mengkonfirmasi dalam panggilan telepon dengan Jokowi, bahwa ia akan menghadiri KTT, yang akan berlangsung di pulau Bali, seperti yang dikatakan Jokowi dalam pidato secara langsung.

Rusia merupakan anggota G20, sedangkan Ukraina bukan.

Pada Jumat, 29 April 2022, pemerintahan Biden memperjelas pandangannya terkait undangan Putin.

"Presiden telah menyatakan secara terbuka penentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina," kata sekretaris pers Biden, Jen Psaki, di Washington.

Baca Juga: Presiden AS Menentang Undangan Jokowi ke Putin Untuk KTT G20: Rusia Seharusnya Tidak Menjadi Bagian

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x