Sandiaga Uno Mengenalkan Produk UMKM Sedotan dari Rumput Purun di Sidang Umum PBB

- 7 Mei 2022, 15:31 WIB
Sandiaga Uno memperkenalkan dengan bangga Purun Eco Straw di Sidang Umum PBB/
Sandiaga Uno memperkenalkan dengan bangga Purun Eco Straw di Sidang Umum PBB/ /tangkap layar Instagram @sandiuno/

KABAR BESUKI – Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia memperkenalkan langsung ke hadapan dunia Produk UMKM dari Belitung yaitu Purun Eco Straw, sedotan yang terbuat dari rumput purun di Sidang Umum PBB High-Level Thematic Debate on Tourism.

Sidang Umum PBB High-Level Thematic Debate on Tourism diadakan oleh PBB di UN General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat.

Purun Eco Straw merupakan inovasi lokal dari Belitung berupa sedotan yang ramah lingkungan. Sedotan tersebut terbuat dari rumput Purun atau gulma yang dikeringkan. Sedotan ini mudah hancur saat dibuang dan tidak akan tersangkut jika terbuang ke laut.

Baca Juga: Ibunda Atta Halilintar Didesak Jenguk Baby Ameena Usai Unggah Foto Ini, Netizen: Kenapa Ga Nengokin Sih

Sedotan dari Rumput Purun juga tidak rapuh seperti sedotan kertas dan akan hancur dalam waktu satu minggu setelah dibuang. Sedotan ini juga dapat mengurangi sampah plastik yang menjadi masalah utama hingga saat ini.

Rumput Purun juga bisa diciptakan menjadi berbagai kerajinan tangan yang indah dan unik sehingga dapat membantu para pengrajin lokal hingga memajukan UMKM agar dapat bersaing di skala global. Ibu Hartati adalah pemilik serta penggagas Purun Eco Straw.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa harus ada langkah konkret untuk menciptakan pariwisata yang berkelanjutan. Salah satu langkah konkret tersebut adalah tawaran program dari Indonesia untuk mengubah sampah plastik menjadi solusi berbasis produk alam.

“Inovasi ini yang kita hadirkan dan kita langsung menunjukkan nahwa sedotan berbasis purun ini yang akan menjadi solusi konkret kita untuk mengatasi isu-isu lingkungan hidup,” ungkap Sandiaga Uno dalam sebuah video yang dibagikan di Instagram pribadinya seperti yang dikutip Kabar Besuki dari @sandiuno.

Baca Juga: Ruhut Sitompul Klaim JIS Dibangun oleh Jokowi: Gubernur DKI Kadrun hanya Ngaku-ngaku

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @sandiuno


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x