Fakta Tentang Virus Penyakit Mulut dan Kuku [PMK] pada Hewan Ternak yang Ditemukan di Wilayah Jawa Timur

- 13 Mei 2022, 20:20 WIB
Ciri-ciri apabila hewan ternak terserang virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan pencegahannya/
Ciri-ciri apabila hewan ternak terserang virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan pencegahannya/ /tangkap layar Instagram @dispertabwi/

KABAR BESUKI – Akhir-akhir ini telah ditemukan sejumlah hewan ternak di Jawa Timur terkena wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Berbagai pihak terus melakukan upaya untuk penanganan wabah ini agar tidak semakin meluas di Jawa Timur.

Penyakit Mulut dan Kuku merupakan virus yang sangat menular pada hewan berkuku belah atau bercabang dua seperti Sapi, Babi, dan Domba. Penyakit ini menyebabkan luka menyakitkan pada kaki, mulut, dan puting hewan.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini berpotensi menyebar dengan sangat cepat, sehingga menimbulkan pembatasan perdagangan yang berdampak pada kelabilan ekonomi suatu wilayah atau negara.

Baca Juga: Ruhut Sitompul Akhirnya Minta Maaf Usai Hina Anies Baswedan Pakai Koteka: Aku Manusia Tak Luput dari Salah

Hingga saat ini Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah terjadi di sebagian wilayah Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Selatan, tetapi penyakit ini telah berhasil diberantas di wilayah Amerika Utara, Australia, Selandia Baru, Greenland, Islandia, dan sebagian besar Eropa.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) digolongkan sebagai Hama Penyakit Hewan Karantina Golongan I, berdasarkan pada penggolongan dan klasifikasi media pembawa, seperti yang tertuang dalam Kepmentan No. 3238/Kpts/PD. 630/9/2009 tentang penggolongan jenis-jenis hama penyakit hewan karantina.

Kementerian Pertanian menetapkan enam kabupaten di dua provinsi Indonesia terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak yaitu Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Aceh Timur dari Provinsi Aceh.

Baca Juga: Korea Utara Laporkan Satu Orang Meninggal Karena COVID-19 Varian Omicron

Sedangkan dari Provinsi Jawa Timur ada Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten lamongan, dan Kabupaten Mojokerto.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @Jatimpemprov Instagram @dispertabwi


Tags

Terkait

Terkini

x