Gejala Cacar Monyet Pada Anak-anak yang Patut Diwaspadai, Mulai Demam hingga Kelelahan Berlebihan

- 31 Mei 2022, 14:12 WIB
Gejala Cacar Monyet Pada Anak-anak yang Patut Diwaspadai/
Gejala Cacar Monyet Pada Anak-anak yang Patut Diwaspadai/ /pixabay.com/geralt/

KABAR BESUKI – Cacar Monyet atau Monkeypox mulai tersebar ke beberapa wilayah. Penting untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit yang sedang marak penularannya tersebut.

Virus Monkeypox atau Cacar Monyet adalah virus orthopox yang menyebabkan penyakit dengan gejala yang mirip dengan cacar tetapi tidak terlalu parah.

Monkeypox atau Cacar Monyet adalah penyakit zoonosis, atau penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Baca Juga: Badan Kesehatan Uni Eropa Laporkan Kasus Cacar Monyet, Kenali Gejala Awal dan Siapa yang Berpotensi

Virus Monkeypox atau Cacar Monyet ini banyak ditemukan di hutan hujan tropis, di mana terdapat hewan pembawa virus tersebut.

Cacar Monyet telah terdeteksi pada hewan seperti tupai, tikus Gambia, dormice, dan berbagai spesies monyet. Penularan dari manusia ke manusia jarang terjadi, rantai penularan terpanjang yang didokumentasikan adalah enam generasi, yang berarti bahwa orang terakhir yang terinfeksi dalam rantai ini berjarak enam mata rantai dari individu yang terinfeksi asli.

Infeksi dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh, lesi pada kulit, atau permukaan mukosa, seperti di mulut dan tenggorokan, dan melalui tetesan pernapasan dan benda yang terkontaminasi.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Cacar Monyet, Gunakan Cara Ini untuk Mengobatinya

Meskipun gejala Cacar Monyet cukup mudah dikenali pada orang dewasa, tugas ini menjadi lebih sulit pada anak-anak karena tanda-tanda awalnya mirip dengan cacar dan cacar air.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Boldsky


Tags

Terkait

Terkini

x