Sampah Antariksa Milik China Melewati Sumatera Bagian Selatan, BRIN: Bisa Jadi Ada Pecahannya Mungkin Tersebar

- 1 Agustus 2022, 07:30 WIB
Sampah Antariksa Milik China Melewati Sumatera Bagian Selatan, BRIN: Bisa Jadi Ada Pecahannya Mungkin Tersebar
Sampah Antariksa Milik China Melewati Sumatera Bagian Selatan, BRIN: Bisa Jadi Ada Pecahannya Mungkin Tersebar //Humas BRIN/

KABAR BESUKI – Terpantau sampah antariksa, CZ5B, roket peluncuran modul stasiun luar angkasa China sebelumnya, melewati wilayah Sumatera bagian selatan.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melaporkan bahwa sampah antariksa CZ5B, roket peluncur modul stasiun ruang angkasa China tua yang berbobot sekitar 20 ton dan berukuran 30 meter, melewati selatan Sumatera.

Thomas Djamaludin selaku peneliti senior BRIN mengatakan, puing-puing atau serpihan antariksa berukuran besar itu jatuh di Samudera Hindia pada Sabtu 30 Juli 2022 pukul 23.45 WIB. Sampah antariksa tidak berbahaya bagi biota laut di perairan.

Baca Juga: JNE Beri Tanggapan Terkait Video Viral Penemuan Bansos Sembako yang Terkubur di Depok

“Terpantau, Indonesia di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat terlintasi pada saat-saat akhir lintasan bekas roket,” kata Thomas Djamaludin.

Dia mengatakan data orbital dari pemantauan space-track.org menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia.

“Namun bisa jadi ada pecahannya yang mungkin tersebar sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera bagian selatan,” ujarnya.

Jika warga melihat benda langit jatuh sekitar pukul 23.45 WIB, warga bisa langsung melaporkannya ke Pusat Penelitian Antariksa BRIN melalui email [email protected].

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 39 Dibuka: Cukup Klik Gabung untuk dapat Bantuan Jutaan Rupiah

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x