Pasien Suspek Cacar Monyet Ada di Jawa Tengah, Dinkes Terus Lakukan Pemantauan

- 4 Agustus 2022, 14:17 WIB
Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox./Tangkapan layar/YouTube/Health Informatic
Penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox./Tangkapan layar/YouTube/Health Informatic /

 

KABAR BESUKI - Penyakit Cacar Monyet saat ini sudah mulai menyebar di berbagai negara, setelah adanya pandemi Covid-19 kini hampir seluruh negara dikhawatirkan dengan penyakit Cacar Monyet atau Monkeypox.

Penyakit ini sangat menular jika orang yang sehat menyentuh luka pada hewan yang terinveksi Cacar Monyet.

Hal ini berlaku juga pada manusia, orang yang sehat bisa terinveksi jika berkontak langsung dengan pasien yang mengidap Cacar Monyet.

Monkeypox atau Cacar Monyet bisa ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi atau dengan bahan yang telah menyentuh cairan atau luka tubuh, seperti pakaian atau linen.

Seperti dilansir Kabar Besuki dari laman jatengprov.go.id, kekhawatiran saat ini terjadi di Jawa Tengah, dimana di daerah tersebut terdapat seseorang yang suspek atau bergejala penyakit Cacar Monyet.

Baca Juga: Harga Perhiasan Emas Putih dan Kuning Serat Batangan di Semar Nusantara Hari Ini Kamis 4 Agustus 2022

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap Pemerintah Indonesia menjaga ketat pintu masuk kedatangan orang asing khususnya di Jawa Tengah.

Sampai saat ini ada satu pasien yang terinfeksi dan suspek atau bergaja penyakit Cacar Monyet. Hal ini sudah dikonfirmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Pasien yang suspek atau bergejala Cacar Monyet saat ini masih dalam pantauan Dinas Kesehatan terkait.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Jatengprov.go.id


Tags

Terkait

Terkini

x