Kurs Rupiah Menguat Hari Ini 9 Agustus 2022 di Tengah Inflasi yang Terjadi di AS

- 9 Agustus 2022, 14:36 WIB
Ilustrasi Kurs Rupiah Menguat Hari Ini 9 Agustus 2022 di Tengah Inflasi yang Terjadi di AS.
Ilustrasi Kurs Rupiah Menguat Hari Ini 9 Agustus 2022 di Tengah Inflasi yang Terjadi di AS. /Pixabay/EmAji/

KABAR BESUKI - Nilai tukar (Kurs) rupiah terhadap dolar AS di spot pasar menguat hari ini Selasa, 9 Agustus 2022.

Rupiah telah menguat hari ini sebesar 6 poin atau 0,04 persen dibandingkan dengan Minggu lalu apalagi saat ini negara AS sedang mengalami inflasi besar-besaran.

Nilai tukar rupiah (Kurs) akan dolar AS ini yang ditransaksikan antar bank di Jakarta menguat di tengah adanya antisipasi pemerintah Indonesia terhadap inflasi yang terjadi di AS.

Kurs rupiah berada di posisi Rp14.870 per dolar AS dibandingkan pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.876 per dolar AS.

"Dolar AS melemah di tengah pasar yang terlihat mengantisipasi rilis data inflasi AS di hari Rabu," kata analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya di Jakarta, Selasa.

Baca Juga: Ramalan Shio Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing dan Babi Besok Hari Rabu 10 Agustus 2022

Data inflasi AS akan dicermati oleh pelaku pasar untuk menjadi petunjuk terkait langkah bank sentral AS The Federal Reserve selanjutnya.  

Berdasarkan hasil survei Reuters, diperkirakan inflasi tahunan AS akan turun menjadi 8,7 persen pada Juli dari sebelumnya di 9,1 persen.  

Ekspektasi akan turunnya inflasi di Negeri Paman Sam saat ini dipicu oleh terkoreksinya harga minyak akhir-akhir ini, dilansir Kabar Besuki dari ANTARA.

Prospek turunnya inflasi AS mungkin akan meredakan juga ekspektasi pasar bahwa Federal Reserve akan bertindak agresif dalam kebijakan moneternya.  

Baca Juga: Indonesia Jadi Daftar Tur Dunia BLACKPINK pada Maret 2023, Cek Tanggalnya!

Sentimen lainnya yaitu memburuknya ketegangan antara AS-Tiongkok atas Taiwan.

Dalam perkembangan terbaru Tiongkok masih mengadakan latihan militer di dekat perbatasan Taiwan.  

Kendati demikian, AS baru-baru ini mengisyaratkan tidak ada eskalasi besar dalam risiko geopolitik yang mungkin terjadi dari Beijing.  

Pada Senin, 8 Agustus 2022, kurs rupiah ditutup menguat 18 poin atau 0,12 persen ke posisi Rp14.876 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.894 per dolar AS.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

x